Kisah Heroik Letnan Kolonel Inf (Purn) Untung Suroso Pimpin Kopassus Tumpas Teroris Cuma 2 Menit 49 Detik

Kamis, 15 Agustus 2024 - 06:59 WIB
loading...
A A A
Namun, keberhasilan ini juga disertai dengan kehilangan. Pilot pesawat, Kapten Herman Rante, ditemukan tewas tertembak di bagian kepala oleh teroris. Selain itu, prajurit Kopassus Achmad Kirang juga gugur akibat tembakan di perutnya.

Kendati demikian, seluruh penumpang berhasil diselamatkan dan diidentifikasi oleh tim Suroso.

Tak hanya itu, dalam proses evakuasi, Suroso harus bertindak cepat ketika salah satu penumpang memberi tahu bahwa ada seorang teroris yang berusaha berbaur dengan penumpang lainnya.

Dengan ketegasan, Suroso menembak kaki teroris tersebut untuk melumpuhkannya. “Saya tembak kakinya supaya dia cacat, sehingga itu menjadi peringatan. Tapi ternyata dia mati karena kehabisan darah,” cerita Suroso.

Para teroris yang terlibat dalam pembajakan tersebut merupakan bagian dari kelompok Komando Jihad yang menyamar sebagai penumpang. Mereka menuntut pembebasan 80 anggota kelompok mereka.

Bahkan mereka meminta uang senilai USD 1,5 juta, pengusiran warga negara Israel dari Indonesia, dan pencopotan Wakil Presiden Adam Malik.

Operasi Woyla, yang berlangsung dalam hitungan menit, menjadi salah satu bukti nyata bahwa pasukan Kopassus siap menghadapi situasi terberat sekalipun dengan ketepatan dan keberanian luar biasa berkat keberanian mereka.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)