Kisah Letnan Achijat, Legenda Pertempuran Heroik Surabaya yang Menewaskan Jenderal Mallaby

Selasa, 13 Agustus 2024 - 16:24 WIB
loading...
Kisah Letnan Achijat,...
Letnan Achijat sosok legendaris pada pertempuran heroik 10 November 1945 di Surabaya yang menewakan Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur. Foto/Indonesian Press Photo Service/ANRI
A A A
SOSOK yang selama ini menjadi misteri terkait tewasnya Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur pada pertempuran heroik di Surabaya pada 10 November 1945 mulai terungkap.

Kisah melegenda dalam pertempuran heroik antara arek-arek Surabaya pejuang kemerdekaan dengan tentara sekutu yang dipimpin Jenderal Mallaby itu terus dikenang. Meski demikian, selama ini menyisakan pertanyaan mengenai penembak jitu yang menewaskan Jenderal Mallaby.



Hingga akhirnya misteri itu diungkap oleh Alki Kiraamim Bararah yang merupakan cucu Letnan Achijat. Dia menceritakan bahwa Letnan Achijat merupakan salah satu sosok yang diduga sebagai penembak jitu yang membunuh perwira tinggi tentara sekutu, Jenderal Mallaby.

Kala itu, Letnan Achdiat juga dikenal sebagai pasukan Simokerto Alap-alap, legenda kepahlawanan yang populer di kalangan masyarakat Kota Pahlawan.



Alki Kiraamim Bararah menyertakan bukti peninggalan dari Letnan Achijat berupa foto-foto, lencana, seragam perang, topi, hingga sangkur.

Selain itu, ditunjukkan buku catatan penting berukuran kecil dan bersampul dari kulit kambing berisikan agenda keseharian Letnan Achiyat, serta perilisan buku tentang Sejarah Letnan Achijat.



Kisah yang disampaikan ini juga diperkuat oleh anak dari Letnan Achijat, yakni Nurmansyah Achiyat dan Ahmad Akbar Achiyat serta putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)