alexametrics

Pilih Calon Ketua Fraksi DPRD se-Jabar, PKB Gelar Uji Kelayakan

loading...
Pilih Calon Ketua Fraksi DPRD se-Jabar, PKB Gelar Uji Kelayakan
Bendahara DPW PKB Jabar Muhamad Dawam tengah menguji calon ketua fraksi dalam UKK yang digelar DPW PKB Jabar, Minggu (4/8/2019). (Foto/Agung Bakti Sarasa/SINDOnews)
A+ A-
BANDUNG - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat menggelar Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) bagi 63 calon anggota legislatif (caleg) terpilih yang berpotensi menempati posisi ketua fraksi di DPRD kabupaten/kota se-Jabar.

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengatakan, UKK yang digelar di Kantor DPW PKB Jabar, Jalan Banteng, Kota Bandung sejak Sabtu 3 Agustus 2019 hingga Minggu (5/8/2019) ini, bertujuan untuk menilai kemampuan dan loyalitas calon ketua fraksi terhadap agenda perjuangan partai.

Huda memaparkan, berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, PKB Jabar akan memiliki 134 anggota DPRD kabupaten/kota dan provinsi, 10 wakil pimpinan dewan kabupaten/kota dan provinsi, 1 ketua DPRD di Kabupaten Cirebon, serta 22 ketua fraksi.



Menurut Huda, khusus calon pimpinan dan wakil pimpinan DPRD menjalani UKK yang digelar serentak oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, sedangkan calon ketua fraksi menjalani UKK di DPW PKB masing-masing daerah.

Di Jabar sendiri, kata Huda, PKB bakal memiliki 21 ketua fraksi tingkat kabupaten/kota dan 1 ketua fraksi tingkat provinsi.

"UKK ini bertujuan untuk mencari dan menyambungkan frekuensi kemampuan, loyalitas, dan komitmen akan titah perjuangan PKB di legislatif," tegas Huda di sela-sela kegiatan UKK, Minggu (4/8/2019).

Dalam penilaian UKK, lanjut Huda, selain loyalitas dan komitmen, para calon ketua fraksi ini pun wajib memahami tiga hal lainnya, terutama wawasan Islam rahmatan lil alamin dan wawasan kebangsaan.

"Selain menilai wawasan kebangsaan (IQ), kita juga menilai emotional quotient (EQ), dan spiritual quotient (SQ)," sebut Huda.

Huda menerangkan, ketiga hal tersebut harus dipahami. Pasalnya, IQ, EQ, dan SQ merupakan tiga unsur dasar yang harus dimiliki oleh ketua fraksi, agar mampu menyolidkan dan mendisiplinkan kader-kader terbaik PKB yang duduk di legislatif.

Sehingga, lanjut Huda, apa yang menjadi agenda perjuangan partai dapat terwujud sekaligus memastikan komitmen meraka untuk menjadikan PKB sebagai partai pemenang di Pemilu 2024 mendatang.

Huda yang juga caleg terpilih DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Karawang, Bekasi, dan Purwakarta ini meminta, siapapun yang nanti terpilih menjadi ketua fraksi harus mampu menyamakan gerak dan langkah kerja politik yang rahmatan lil alamin, yakni peduli umat dan melayani rakyat.

"Di antaranya memprioritaskan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas Pendidikan dan kesehatan, penguatan UMKM dan bisa membangun desa untuk kemajuan, kemandirian, serta kesejahteraan warga desa," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kabupaten Bandung Barat (KBB) Wendi yang juga caleg terpilih DPRD KBB itu mengapresiasi UKK yang digelar DPW PKB Jabar.

"Apa yang manjadi titah partai tentunya akan kami jalankan. Ini adalah langkah yang luar bisa, tes sudah kami jalani, apapun hasilnya itu adalah pilihan terbaik partai," katanya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak