Pandemi COVID-19, Konsumsi Ikan Warga Jatim Naik

Senin, 24 Agustus 2020 - 11:55 WIB
loading...
Pandemi COVID-19, Konsumsi Ikan Warga Jatim Naik
Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jatim, Arumi Bachsin, saat acara Lomba Masak Bahan Ikan di gedung BPSD Jatim, Senin (24/8/2020). Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Selama pandemi COVID-19, konsumsi masyarakat atas ikan di Jawa Timur ( Jatim ) naik hingga 10%. Kenaikan konsumsi ikan tersebut pasokan ikan yang melimpah. Akibatnya, harga di pasaran menjadi turun.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jatim, Arumi Bachsin mengatakan, penurunan harga ikan tersebut akibat kran ekspor produk ikan dari Indonesia, terutama dari Jatim masih tertutup akibat pandemi. (Baca juga: Arumi Bachsin dan Nayla Baddrut Tamam Ajak Warga Pamekasan Gemar Makan Ikan )

"Warga yang sebelumnya tidak makan ikan karena mahal, sekarang makan ikan. Dan sekarang pilihannya banyak. Mau ikan yang mahal ikan yang murah, gizinya sama," kata Arumi usai menghadiri acara 'Lomba Masak Bahan Ikan' di gedung BPSD Jatim, Senin (24/8/2020). (Baca juga: Cari Tambahan Penghasilan Halal, Seorang Polisi di Madiun Jadi Tukang Las )

Istri dari Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ini menambahkan, pada saat Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu, banyak ikan berkualitas ekspor tidak bisa dijual ke luar negeri. Sehingga, ikan-ikan tersebut terpaksa dijual di dalam negeri dengan harga jauh lebih murah. "Pada April lalu, saya sudah memprediksi angka konsumsi ikan warga Jatim akan naik. Ya akibat pandemi dimana harga ikan cenderung murah," kata dia.

Terkait konsumsi ikan, Arumi menyebutkan, tingkat konsumsi ikan di Jatim saat ini mencapai 40 kilogram (kg) per kapita per tahun. Angka itu masih jauh dibawah target nasional yang berada di kisaran 54 kg per kapita per tahun. "Kalau ditanya target, kami inginkan yang setinggi-tingginya. Di Jepang misalnya, tingkat konsumsi ikannya mencapai 70 kg per kapita per tahun," kata Arumi.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)