3 Warga Kebumen Tewas Tenggelam di Irigasi Wadaslintang Barat

Selasa, 14 Mei 2019 - 09:14 WIB
3 Warga Kebumen Tewas Tenggelam di Irigasi Wadaslintang Barat
3 Warga Kebumen Tewas Tenggelam di Irigasi Wadaslintang Barat
A A A
KEBUMEN - Tiga orang hilang tenggelam saat mandi di saluran irigasi Wadaslintang Barat, Desa Bleter, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Proses pencarian oleh Tim SAR gabungan berlangsung dramatis, saat satu per satu korban ditemukan sudah tak bernyawa.

Ketiga korban, adalah Hasan (13), Anwar (14), dan Toni (25), semuanya warga asal Desa Tirtomulyo, Kecamatan Poncowaro, Kabupaten Kebumen. Mereka diketahui mandi di saluran irigasi Wadaslintang Barat pada Senin 13 Mei 2019 pukul 15.00 WIB.

"Diduga ketiganya tidak mengetahui saluran tersebut dalam dan mereka juga tidak bisa berenang, sehingga begitu masuk ke air langsung tenggelam," ungkap Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi, Selasa (14/5/2019).

Kejadian tersebut diketahui warga yang kebetulan melintas di area kejadian. Warga melihat satu celana satu dan tiga kaus, namun tidak terlihat ada orang mandi di situ. Warga akhirnya langsung melakukan pencarian dan berhasil menemukan Hasan dalam keadaan meninggal dunia, namun kedua temannya belum ditemukan.

"Kami yang mendapatkan informasi tersebut pada pukul 19.00 WIB langsung mengirimkan satu tim dari Basarnas Pos SAR Cilacap untuk melakukan pencarian dan pertolongan dilengkapi dengan peralatan SAR air dan alat selam," lanjut Aris.

Pencarian digelar dengan melibatkan tim SAR gabungan di antaranya BPBD Kebumen, Polsek Poncowarno, Koramil, SAR Elang Perkasa, masyarakat, serta keluarga korban. Proses pencarian diawali dengan menutup saluran irigasi dan berbagai upaya, hingga tim SAR gabungan menemukan salah satu korban.

"Pada pukul 00.30 WIB dini hari tim SAR gabungan berhasil menemukan Toni di arah selatan kurang lebih dua kilometer dari TKP dalam keadaan meninggal dunia. 10 menit kemudian kami berhasil menemukan Anwar, 300 meter dari penemuan Toni," terang Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Mulwahyono.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6540 seconds (0.1#10.140)