Haul Ke-354 Sultan Hasanuddin Usulkan Unhas dan Kodam XIV Hasanuddin Diubah

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:04 WIB
loading...
A A A
Namun demikian, pihaknya mengakui hal itu tidak akan semudah yang dibayangkan karena kemungkinan ada yang setujuh dan tidak, dan harus melalui dialog dan kajian mendalam.

Dosen dan budayawan Unhas, Supratman yang hadir sebagai narasumber dalam dialog tersebut menyebutkan, bisa saja hal itu diusulkan namun perlu melakukan kajian mendalam yang melibatkan semua pihak.

“Itu (penambahan nama) bisa saja diusulkan, tapi harus melalui kajian dan dialog yang melibatkan semua pihak,” katanya.

Dalam dialog itu, juga terungkap bagaimana kejayaan Kerajaan Gowa di masa pemerintahan Sultan Hasanuddin yang memiliki nama asli I Mallombassi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape Muhammad Baqir.

Budayawan Unhas, Supratman membeberkan bagaimana sosok Raja Gowa Ke-16 Sultan Hasanuddin dalam memimpin Kerajaan Gowa hingga mencapai kejayaan di masanya.

“Sultan Hasanuddin tidak hanya pandai dalam strategi perang dan memimpin pasukan di medan tempur, tapi Beliau juga memiliki kemampuan intelektual dan spiritual tinggi, yang merupakan berkah dan warisan raja-raja sebelumnya yang merupakan kakeknya, Sultan Alauddin,” bebernya.

Dialog ini merupakan bagian dari memperingati Haul Ke-354 tahun Sultan Hasanuddin, tidak hanya diskusi, Trah GTS juga melakukan ziarah di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa, Rabu (12/6/2024).
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)