alexametrics

Tambang Emas Longsor: 11 Jenazah Diangkat, Evakuasi Terhambat Batu

loading...
Tambang Emas Longsor: 11 Jenazah Diangkat, Evakuasi Terhambat Batu
Alat berat diturunkan untuk mengevakuasi korban. Foto: KORAN SINDO/Cahya Sumirat
A+ A-
BOLMONG - Proses evakuasi di lokasi reruntuhan longsor tambang emas rakyat di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terkendala batu-batu besar. Banyak batu besar menghalangi jalan masuk sehingga proses evakuasi harus menggunakan alat berat.

Meski demikian, hingga pukul 5.30 Wita, tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi 11 jenazah. Kepala SAR Manado, Djefri DT Mewu, menyebut, memasuki hari kesembilan pekerjaan tetap dilaksanakan selama 1x24 jam dengan menggunakan alat berat.

Kendalanya saat ini adalah adanya batu besar yang menghambat proses evakuasi. Bahkan ketika menggunakan alat berat pun bukannya batu yang bergeser malah sebaliknya, ekskavator yang bergeser.



“Hingga pada saat ini kami telah melaksanakan evakuasi sebanyak 27 orang dan sampai pada hari kedelapan yakni evakuasi yang kedua sejak tanggal 4-6 Maret 2019, telah berhasil mengevakuasi sebanyak 11 kantong jenazah,” ujarnya. (Baca juga: 23 Orang Berhasil Dievakuasi, 37 Masih Tertimbun Longsor di Lokasi Tambang Emas)

Sampai dengan pukul 05.00 Wita pagi ini proses evakuasi masih terkendala oleh satu material batu besar dan ekskavator 40 ton masih berusaha melakukan pengangkatan batu besar tersebut sejak kemarin malam.

“Upaya untuk pengangkatan batu besar masih dilakukan walau sampai saat ini masih belum berhasil. Meski demikian operasi SAR sampai pagi hari ini masih berjalan aman dan sesuai rencana,” pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak