alexametrics

Empat Pengunjung Tlogo Muncar Ditimpa Pohon Tumbang, Satu Orang Tewas

loading...
Empat Pengunjung Tlogo Muncar Ditimpa Pohon Tumbang, Satu Orang Tewas
Pohon jenis poncosudo yang tumbang di kawasan wisata Tlogo Muncar,Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Minggu (24/2/2019). Foto: Ist
A+ A-
SLEMAN - Empat orang pengunjung kawasan wisata Tlogo Muncar, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tertimpa pohon tumbang, Minggu, 24 Februari 2019. Satu orang meninggal dunia karena tertimpa langsung pohon.

Keempat korban tertimpa pohon yakni Asmawah (45), Sri Paryati (50), dan Lisa Sulastr (14),ketiganya warga Ringinsari, Tirtomartani, Kasalan. Satu orang lainnya yakni Dedi Irawan (27), warga Kadisoko, Purwomartani, Kalasan.

Keempatnya selanjutnya dibawa ke RS Panti Nugroho, Pakem. Mereka diketahu masih satu keluarga. Nahas, Asmawah meninggal dunia saat perjalanan menuju rumah sakit. Sedangkan tiga orang lainnya yang mengalami luka di bahu, pinggan, pipi dan kaki, masih menjalani perawatan.



Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, mengatakan, sebelum kejadian keempatnya sedang duduk di pinggir kolam dekat pohon tersebut. Kemudian tiba-tiba sekitar pukul 11.30 WIB pohon itu tumbang sehingga menimpa mereka.

Hanya saja tiga orang bisa melarikan diri, sedangkan Asmawah tidak bisa menghindar dan langsung tidak sadarkan diri. "Wisatawan yang ada disitu mencoba memberikan pertolongan dan membawanya ke RS Panti Nugroho, Pakem. Hanya saja karena lukanya parah Asmawah saat perjalanan ke rumah sakit meninggal dunia,” kara Makwan.

Asmawah selain menderita luka di punggung dan hidung mengeluarkan darah, untuk kesadarannya juga menurun, dilatasi pupil, denyut nadi serta denyut jantung melemah. Adapun Sri Paryati mengalami luka memar di pelipis, pinggang, kaki; Nilai Sulastri mengalami luka pinggang dan kaki; serta Dedi Irawan luka ringan di bahu, tangan kiri. “Kondis mereka juga shock,” terangnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah 1 Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Nurpana Sulaksono mengatakan, atas kejadian itu pihaknya akan bertanggung jawab dan menanggung asuransi untuk korban. Sebab setiap pengunjung dilengkapi dengan asuransi. “Saat ini korban luka dirawat di RS Panti Nugroho dan dua orang dirujuk ke RS Panti Rapih," ucapnya

Menurut Nurpana, secara umum kondisi pohon di kawasan wisata Tlogo Muncar dalam keadaan baik. Apalagi selama ini rutin melakukan pemotongan jika ada pohon yang rawan roboh. Pihaknya juga memiliki SOP jika terjadi hujan deras dan angin kencang untuk melarang dan memperingatkan pengunjung mendekati wilayah yang rawan. Tapi pada saat kejadian, kondisi cuaca dalam keadaan cerah dan angin landai.

"Kami akan menutup lokasi wisata untuk sementara, akan mengecek kembali terkait kondisi pohon di kawasan wisata," tandasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak