Peltu Gino, Babinsa yang Merangkul Suku Anak Dalam untuk Merdeka dari Buta Huruf

Rabu, 19 Agustus 2020 - 11:25 WIB
loading...
Peltu Gino, Babinsa yang Merangkul Suku Anak Dalam untuk Merdeka dari Buta Huruf
Peltu Gino Raharjo Babinsa Desa Pelakar Jaya Kecamatan Pamenang kabupaten Meramgin, Jambi dibawah Koramil 09 Kodim 0420 Sarko, terus merangkul anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) untuk selalu belajar baca tulis.iNews TV/Fahrurozi
A A A
MERANGIN - Peltu Gino Raharjo, Babinsa Desa Pelakar Jaya, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Meramgin, Jambi di bawah Koramil 09 Kodim 0420 Sarko, terus merangkul anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) untuk selalu belajar baca tulis.

Niat Peltu Gino untuk merubah nasib warga SAD ini tak mengenal lelah dan tempat, walau ia harus masuk ke kebun-kebun warga yang saat ini ditinggali oleh warga SAD. Saat ini warga SAD yang menjadi binaan Peltu Gino ada sekitar 32 Kepala Keluarga dan memiliki sekitar 25 anak didik.

Peltu Gino Raharjo kepada media ini mengatakan jika selama bertugas menjadi Babinsa di Pelakar Jaya, ia tersentuh terhadap kehidupan warga SAD yang masih jauh kondisinya dari masyarakat umum.

"Mereka ini ada 32 kepala keluarga, dan 88 jiwa. Berada dalam satu kelompok, saat itu saya mengunjungi mereka dan saya melihat ada puluhan anak diusia didik berada dilingkungan in," terang Peltu Gino.

"Dan saat itu saya berfikir kalau tidak ada yang merubahnya kehidupan mereka tak akan berubah, apalagi mereka tidak tahu tulis baca dan kehidupan Warga SAD hanya mengandalkan makanan disekeliling tempat tinggalnya," tambahnya.

Sehingga Peltu Gino Raharjo pun dengan penuh semangat masuk ke kelompok mereka untuk mengajarkan baca tulis bagi anak-anak warga SAD walau harus belajar di dalam kebun, namun itu tak menjadi hambatan.

"Saat ini anak didik saya ada yang sudah masuk sekolah umum, dan saat ini sudah ada 25 orang anak-anak yang tergabung dalam sekolah alam saya ini, tapi saya harus sabar menghadapi mereka (anak-anak SAD), kalau untuk disiplin masih sangat jauh sehingga saya akan terus merangkulnya," jelas Peltu Gino. (Baca: Tim Anti Bandit Ciduk Pemalsu Uang Palsu di Bandar Lampung).

Puluhan tahun Peltu Gino Raharjo berupaya mengangkat derajat warga Suku Anak Dalam, dirinya hanya berniat membuat warga SAD ini bisa Merdeka dari kehidupannya, sebab walau sudah 75 tahun Indonesia merdeka ternyata masih ada anak-anak Indonesia yang belum bisa baca tulis.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)