90 Tentara Australia Latihan Tempur Garuda Shield Bersama TNI di Baturaja

Kamis, 04 Agustus 2022 - 03:25 WIB
loading...
90 Tentara Australia Latihan Tempur Garuda Shield Bersama TNI di Baturaja
Tentara Australia latihan tempur Garuda Shield bersama TNI di Baturaja. Foto: Wahyudi/SINDOnews
A A A
BATURAJA - Angkatan Pertahanan Australia mengikuti latihan tempur militer Garuda Shield yang secara historis dilakukan TNI dan Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat.

Ini merupakan kali pertama Australia mengikuti latihan militer yang berlangsung selama dua pekan itu.

Letnan Jenderal Simon Stuart yang mulai menjabat sebagai Kepala Angkatan Darat Australia, pada 2 Juli 2022, berada di Indonesia untuk menghadiri upacara pembukaan Latihan Garuda Shield, di Baturaja, Sumatera Selatan.



Stuart mengatakan, Indonesia adalah prioritas hubungan luar negeri pertamanya, sejak memulai tugas sebagai Kepala Angkatan Darat Australia.

Menurutnya, sangatlah penting untuk selalu meningkatkan kerja sama yang telah terjalin antara Angkatan Darat Australia dan Indonesia.

“Australia akan fokus pada latihan sebagai sarana untuk terus meningkatkan respons militer dan membangun hubungan kerja sama dengan Indonesia. Dengan menyatukan kekuatan yang kita miliki, kita akan terus membangun keyakinan dan kepercayaan yang langgeng,” katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).



Stuart mengatakan, sebanyak 90 tentara Australia akan berpartisipasi dalam latihan ini. Mereka akan berfokus pada interoperabilitas persenjataan gabungan melalui kesempatan untuk berlatih dengan militer Indonesia.

"Kami menurunkan satu kompi infanteri dari Batalyon ke-5 Brigade Tempur 1 di Darwin. Pengamat dari Komando Operasi Khusus dan Pusat Latihan Tempur juga akan berpartisipasi dalam latihan ini," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4223 seconds (0.1#10.140)