Kisah Ketangguhan Prajurit Pajajaran, Berkat Strategi Jitu Prabu Siliwangi

Senin, 30 Mei 2022 - 06:05 WIB
loading...
Kisah Ketangguhan Prajurit Pajajaran, Berkat Strategi Jitu Prabu Siliwangi
Prajurit Kerajaan Pajajaran dikenal memiliki ketangguhan saat dipimpin Prabu Siliwangi. Foto/Ilustrasi
A A A
Pajajaran, menjadi salah satu kerajaan yang sangat disegani di Nusantara, saat Prabu Siliwangi bertakhta. Kecemerlangan strategi raja bergelar Sri Baduga Maharaja tersebut, membuat Pajajaran memiliki kekuatan prajurit yang dahsyat.



Prabu Siliwangi memiliki taktik dengan menunjukkan Siksakanda Karesian sebagai bentuk aturan negara. Dikutip dari buku "Hitam Putih Pajajaran: Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" tulisan Fery Taufiq El Jaquenne, Prabu Siliwangi menciptakan keadilan menggunakan pedoman kitab ini.



Masyarakat mematuhi kitab tersebut. Bahkan kitab Siksakanda Karesian telah dipelajari secara luas oleh masyarakat Sunda. Sri Baduga Maharaja juga memiliki sistem teknis yang bagus, ia membentuk satuan tentara yang kuat.



Satuan tentara ini membuat negara Sunda yang beribu kota di Pakuan Pajajaran, disegani oleh siapapun. Pada Carita Parahyangan menyebutkan, bahwa ada beberapa jenis kesatuan tentara kerajaan.

Satuan tentara mulai bhayangkara yang bertugas sebagai penjaga keamanan, kemudian prajurit pamarang yang ahli dalam memainkan pedang, dan pamanah, artinya pasukan elite yang bertugas khusus memainkan panah.

Tiga prajurit elite Kerajaan Pajajaran ini berada di bawah hulujurit. Di bawah satu komando tersebut, semua pasukan mampu bersatu padu menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4082 seconds (0.1#10.140)