6 Awak Pesawat Asing Ethiopian Cargo Diperiksa

Senin, 14 Januari 2019 - 22:22 WIB
6 Awak Pesawat Asing Ethiopian Cargo Diperiksa
6 Awak Pesawat Asing Ethiopian Cargo Diperiksa
A A A
BATAM - Enam awak pesawat Ethiopian Cargo diperiksa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Pesawat dengan nomor penerbangan Boeing 777-200 LD diamankan oleh Patroli TNI AU Skuadrom Pekanbaru, Senin (14/1/2019).

Danlanud RHF Kolonel Pnb Elistar Silaen menjelaskan, pesawat tersebut membawa 6 awak pesawat, yaitu Mr. Dabi warga Ethiopia (Kopilot), Mr.Tegegne warga Ethiopia (Engenering), Mr. Zurgie warga Ethiopia (Engenering), Mr. Belachew warga Ethiopia (kopilot), Mr.John Richard warga Kanada(Pilot), Mr. Abebe Bizuneh warga Ethiopia (Pilot).

"Awak pesawat secara bergantian di introgasi oleh petugas Imigrasi, Bea Cukai, dan TNI AU Bandara Hang Nadim," katanya. Pantauan Koran Sindo Batam di lokasi, hingga sore ini, pesawat tersebut masih berada di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

Kolonel Pnb Elistar Silaen menuturkan, pesawat bermuatan 2.946 kg ini diamankannya oleh TNI AU setelah terdeteksi radar dua unit pesawat F16 TNI AU yang sedang patroli Udara di wilayah perbatasan Indonesia tepatnya di atas udara Riau. Pesawat patroli TNI AU tersebut mendapati ada pesawat asing di radar Lanud Pekanbaru, setelah dilakukan pengintaian ternyata pesawat tersebut pesawat Cargo Ethiopia melintas di atas udara Kota Pekanbaru.

"Pesawat tersebut, lantas di giring landing secara paksa di Bandara Hang Nadim Batam, Sekitar pukul 10.00 WIB. Kopilot dan Kapten pesawat Ethiopia Cargo tersebut turun dari pesawatnya dan langsung di lakukan pemeriksaan oleh Avsec Bandara Hang Nadim dan pers TNI AU dengan cara cek Body serta Exray koper bawannya," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6876 seconds (0.1#10.140)