Pesawat Asing Diawaki 3 Warga Inggris Dipaksa Mendarat di Batam

Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:55 WIB
loading...
Pesawat Asing Diawaki 3 Warga Inggris Dipaksa Mendarat di Batam
Pesawat asing yang diawaki tiga warga negara Inggris dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam oleh TNI AU karena melanggar wilayah teritorial Indonesia. Foto/Antara/HO-Lanud Hang Nadim
A A A
BATAM - Pesawat asing yang diawaki tiga warga negara Inggris dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) oleh TNI AU karena melanggar wilayah teritorial Indonesia.

"Pesawatnya kami amankan di Apron Bandara Hang Nadim," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo, Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: Helikopter Milik Perusahaan Minyak Asing Dipaksa Mendarat Oleh F-16 TNI AU

Pesawat kalibrasi yang membawa tiga orang awak berasal dari Inggris itu dipaksa mendarat pada Jumat (13/5/2022). Saat ini, ketiganya turut diamankan di save house kawasan Bandara Hang Nadim.

Diketahui pesawat tersebut lepas landas dari WBGG Kuching menuju WMKJ Johor Bahru Malaysia.

Radar Komando Sektor Ibu Kota Negara (Kosek IKN) menangkap radar pesawat tipe DA62 dengan nomor registrasi G-DVOR dan memaksanya untuk mendarat. Tepat pukul 12.47 WIB pesawat itu mendarat di Bandara Hang Nadim.



Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan mengatakan, pendaratan pesawat asing tanpa izin di Bandara Hang Nadim itu merupakan petunjuk Pangkoopsud l.

Baca juga: Mendebarkan! 2 Jet Tempur F-16 TNI AU Berhasil Paksa Turun Pesawat Asing

Dari komunikasi radar, pilot diperintahkan untuk kembali ke Kuching karena sudah melanggar teritorial wilayah udara Indonesia.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1547 seconds (10.55#12.26)