Iqbal Sebut Usulan PSBB untuk Makassar Karena Sudah Penuhi Kriteria

Selasa, 14 April 2020 - 19:55 WIB
loading...
Iqbal Sebut Usulan PSBB untuk Makassar Karena Sudah Penuhi Kriteria
Pj Wali Kota Makassar Iqbal S Suhaeb. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar, bakal mengusulkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Kementerian Kesehatan, untuk menghalau penyebaran Covid-19 di Makassar.

Pj Wali Kota Makassar Iqbal S Suhaeb menyebut, langkah tersebut dilakukan, lantaran di Makassar sudah memenuhi kriteria untuk penerapan PSBB tersebut.

“Hasil kajian epidemiologi yang kami lakukan, Makassar sudah memenuhi kriteria untuk diberlakukan PSBB. Mulai dari tingkat penyebaran, terjadinya local transmission, termasuk perkembangan jumlah pasien Covid-19 yang terus bertambah," kata dia.

Selain itu, dirinya menjelaskan pihaknya juga mendapat masukan dariForum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Makassar yang kesemuanya mendorong PSBB.

"Saat ini dokumennya masih dilakukan penyempurnaan, Insyaallah satu atau dua hari ke depan kita ajukan ke Pemerintah Pusat melalui Pak Gubernur (Nurdin Abdullah),” ujar Iqbal Suhaeb, Selasa, (14/04/2020).

Terkait penyusunan dokumen pengajuan PSBB, Iqbal menyebutkan datanya harus dicantumkan secara lengkap, termasuk pelarangan tujuh item yang harus dilakukan.

Iqbal menjelaskan, beberapa poin pelarangan sebagian besar sebenarnya sudah dilakukan di Kota Makassar. Misalnya pemberhentian sementara aktifitas di sekolah, pemberhentian sementara aktifitas perkantoran, pemberhentian sementara aktifitas kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat-tempat umum, pemberhentian kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi.

"Tentu ada pengecualian dalam hal ini, misalnya toko-toko yang menjual bahan baku, termasuk aktifitas relawan yang sedang bekerja dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19,” jelasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)