alexametrics

Setiap Hari Diguyur Hujan, Warga Sulut Diimbau Waspada Banjir-Longsor

loading...
Setiap Hari Diguyur Hujan, Warga Sulut Diimbau Waspada Banjir-Longsor
Apel kesiapan tanggap darurat bencana alam dihadiri jajaran Forkopimda, Sekdaprov Edwin Silangen, Kepala BPBD Joi Oroh, Basarnas, BMKG, PVMBG dan para pejabat Pemprov Sulut. Foto/Istimewa
A+ A-
MANADO - Daerah Sulawesi Utara (Sulut) setiap hari diguyur hujan. Masyarakat tak henti-hentinya diimbau untuk tetap waspada mengantisipasi bahaya banjir dan longsor yang bisa datang sewaktu-waktu.

Prakirawan BMKG Manado, Mega Cristy Indriyani menjelaskan, tanggal 15 Desember 2018 pukul 08.30 Wita masih terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pukul 09.00 Wita di wilayah Bitung, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kotamobagu, Bolmong, Bolmong Utara, dan sekitarnya.

“Dapat meluas ke wilayah Manado, Tomohon, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Kepulauan Sitaro, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 11.00 Wita,” kata Mega.



Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menjelaskan, permasalahan bencana alam bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan semua pihak yang berdiam di muka bumi ini. Secara geografis, Sulut terletak di tepi pantai laut Sulawesi, yang berpotensi menyebabkan daerah ini diterpa bencana banjir, terlebih karena curah hujan yang tinggi.

"Dalam konteks itu, maka pelaksanaan apel ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinergitas dalam penanggulangan bencana, demi mewujudkan Sulawesi Utara yang tangguh dan siaga terhadap bencana alam," kata Olly saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam yang digelar di Lapangan Robert Wolter Monginsidi, Manado, Jumat (14/12/2018) lalu.

Olly mengajak seluruh masyarakat Sulut untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar Sulut tidak mengalami bencana alam sehingga kehidupan masyarakat dapat selalu aman dan damai. "Saya ajak kita semua untuk selalu rajin berdoa supaya Sulut dijauhkan dari bencana alam," ungkapnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak