BMKG Bitung Ingatkan Warga Pesisir Utara Sulut Waspada Gelombang Pasang Maksimum

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:04 WIB
loading...
BMKG Bitung Ingatkan Warga Pesisir Utara Sulut Waspada Gelombang Pasang Maksimum
Gelomban pasang maksimum dan banjir rob bakal tiap hari menerjang kawasang pesisir utara wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
BITUNG - Gelombang pasang yang menyebabkan banjir pesisir (rob) di beberapa wilayah pesisir utara wilayah Sulut disebabkan adanya peningkatan kecepatan angin. Penyebab banjir rob itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung.

"Karena adanya peningkatan kecepatan angin yang searah dengan arah datangnya gelombang pada fase pasang maksimum dengan puncaknya terjadi sekitar antara pukul 19.00 hingga 20.00 waktu Indonesia bagian tengah," kata Kepala BMKG Maritim Bitung, Andi Cahyadi, Rabu (8/12/2021).


Sedangkan fenomena hujan lebat disertai angin kencang menurutnya kemungkinan akan berlangsung hingga Desember akhir hingga awal Januari.

"Namun fenomena pasang maksimum atau rob kemungkinan mulai berangsur setiap harinya mulai terjadi pada pukul 02.00 dini hari hingga pagi hari," ujarnya.



Periode tersebut kata dia akan berulang setiap hari, kemungkinan pasang atau rob akan terjadi kembali pada malam hari sekitar pukul 19.00 hingga 20.00 WITA.



"Untuk itu, BMKG Maritim Bitung mengimbau kepada masyarakat pesisir Sulut untuk lebih waspada dan selalu mengupdate informasi prakiraan cuaca yang disampaikan oleh BMKG," imbaunya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.4013 seconds (0.1#10.140)