Mulai 1 Desember KA Joglosemarkerto Siap Layani Rute DIY-Jateng

Jum'at, 30 November 2018 - 09:44 WIB
Mulai 1 Desember KA Joglosemarkerto Siap Layani Rute DIY-Jateng
Mulai 1 Desember KA Joglosemarkerto Siap Layani Rute DIY-Jateng
A A A
YOGYAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (persero) meluncurkan layanan baru kereta api Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 1 Desember 2018. Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto menyebut, kereta api relasi baru ini melayani rute Yogyakarta – Solo – Semarang – Purwokerto atau disingkat Joglosemarkerto.

“1 Desember nanti relasi baru ini kita luncurkan. PT Kereta Api Persero berusaha mengakomodir permintaan masyarakat. Sekarang ini orang dari Yogya mau Ke Tegal atau dari Tegal mau ke Solo kan sulit. Ini sepenuhnya untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” terang Eko, Kamis 29 November 2018.

Eko menyebut rute baru ini sudah dikaji mendalam oleh PT Kereta Api. Dengan relasi baru ini, masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah makin dimudahkan. Eko mencotohkan bagi warga Yogyakarta yang hendak ke Pekalongan bisa langsung tanpa harus berganti kereta api.

“Tiap perjalanan KA Joglosemarkerto menggunakan dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk,” jelasnya.

KA Joglosemarkarto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang Tawang–Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta–Solo–Semarang Tawang. Selain KA Kamandaka, perubahan perpanjangan relasi juga dilakukan pada KA Joglokerto yang semula beroperasi dari Purwosari menuju Purwokerto PP, akan diteruskan relasinya hingga Semarang–Solo–Yogyakarta.

Pola operasi baru juga dilakukan dengan mengubah relasi KA Jakatingkir dengan keberangkatan semula dari Stasiun Purwosari diubah menjadi berangkat dari Stasiun Lempuyangan dengan tujuan masih sama yakni Stasiun Pasar Senen.

Perubahan jam keberangkatan KA Jaka Tingkir dari Stasiun Pasarsenen semula berangkat pukul 11.30 WIB menjadi pukul 07.15 WIB. Perubahan jam keberangkatan KA Jaka Tingkir relasi Lempuyangan-Pasarsenen, yang semula berangkat dari Stasiun Purwosari pukul 18.00 menjadi berangkat dari Stasiun Lempuyangan pukul 19.00 WIB.

Tarif normal KA Joglosemarkerto juga cukup terjangkau. Sebagai contoh tarif Solo – Pekalongan (via Purwokerto) dikenakan tarif Rp200.000 untuk kelas eksekutif dan Rp115.000 untuk kelas ekonomi. Kemudian untuk rute Semarang Tawang- Yogyakarta (via Gundih) sebesar Rp105.000 untuk kelas eksekurtif dan Rp60.000 untuk kelas ekonomi.

Khusus untuk periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, PT KAI memberikan diskon sebesar 10% untuk tiket KA Joglosemarkerto.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0037 seconds (0.1#10.140)