Pandemi COVID-19, Salatiga Tetap Jaga Marwah Kemerdekaan

Senin, 17 Agustus 2020 - 14:15 WIB
loading...
Pandemi COVID-19, Salatiga Tetap Jaga Marwah Kemerdekaan
Suasaa upacara peringatan kemerdekaan ke-75 di Kantor Pemkot Salatiga, Senin (17/8/2020). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Pada masa adaptasi era kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19, Pemkot Salatiga tetap melaksanakan upacara bendera HUT ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). Ini untuk menjaga marwah rasa bela negara, nasionalisme dan rasa hormat terhadap bangsa dan negara.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, tapi tidak sedikitpun mengurangi kekhidmatan dalam pelaksanaannya. Upacara diikuti oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga beserta jajaran forkompimda Kota Salatiga. (Baca: Warga Salatiga Diimbau Gelar Malam Tirakatan Kemerdekaan di Rumah )

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Yuliyanto sebagai Inpektur upacara membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa kemerdekaan harus dimaknai dengan rasa kebersamaan dan berbagi.

Rasa peduli terhadap masyarakat di sekitar kita yang membutuhkan, terlebih di masa pandemi COVID-19 tersebut. “Tetap bangun spirit, jangan mengeluh, seberat apapun kehidupan harus kita hadapi. Selalu teguhkan tekad dan spirit hidup untuk berbagi dengan sesama,” ujar Yuliyanto.

Yuliyanto menyatakan, hingga saat ini masyarakat masih bisa melihat heroisme perjuangan para pendahulu baik sebelum ataupun setelah kemerdekaan. Saat itu persenjataan masih sederhana dan terbatas, namun semangat untuk merdeka sangatlah tinggi.

“Kita masih mempunyai tekad yang bulat untuk bisa terbebas dari penjajahan serta untuk meraih dan memperjuangan kemerdekaan ini menjadi milik bangsa Indonesia,” ujarnya. (Baca: Pandemi COVID-19, Peringatan Hari Jadi ke-1.270 Salatiga Digelar Secara Virtual)

Setelah pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih selesai, Wali Kota bersama forkompimda membagikan 1.500 masker ke masyarakat umum di sekitar kantor Setda Kota Salatiga.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)