Polbangtan Kementan Pacu Jiwa Kewirausahan Generasi Muda

Senin, 01 April 2024 - 15:30 WIB
loading...
A A A
“Pertanyaanya adalah siapa yang menggerakkan pertanian itu, siapa yang melaksanakan pertanian itu, siapa yang menggarap pertanian itu. Yang mengerjakan pertanian itu, yang menggarap pertanian itu yang melaksanakan pertanian itu adalah tidak lain tidak bukan petani,” ujar Dedi.

Tema Wirausaha Muda dikemas kedalam kuliah umum yang sekaligus menjadi Milenial Agriculture Forum Volume 12 Edisi 5 pada sabtu (30/03/2024) yang diselenggarakan secara hybrid dari aula kampus Polbangtan Medan.

Kuliah Umum kali ini, dihadiri secara langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Idha Widi Arsanti. Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian berharap lulusan Polbangtan Medan menjadi job seeker dan job creator di bidang pertanian.

Andriko Noto Susanto, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PKKP) Badan Pangan Nasional (BAPANAS) selaku narasumber memaparkan konsep menuju daulat pangan bersama wirausaha muda.

Andriko menjelaskan bahwa pangan adalah segala sesuatu yang bersumber dari pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan dan perairan. Semuanya adalah komponen-komponen pangan yang bisa dijadikan bisnis.

Dengan demikian wirausaha muda yang bergerak dibidang pangan memiliki ruang lingkup yang sangat luas.

Tidak hanya itu, Kuliah Umum kali ini juga hadir Narasumber istimewa, Founder and Chairman, Mcorp., a Leading Marketing Profesional Service Firm in ASEAN, Hermawan Kartajaya.

Hermawan sangat memotivasi mahasiswa Polbangtan dan PEPI seluruh indonesia dilihat dari antusias para peserta MAF saat sesi diskusi mengajukan pertanyaan mulai dari program pangan gratis yang bisa menjawab minat wirausaha muda lebih meningkat.

“Jika anda menjadi entrepreneur harus cepat melihat keaadan yang cepat berubah. Seorang entrepreneur adalah seorang yang creative inovation (ide baru yang harus dicoba) di barengi dengan professional,” ujar Hermawan

Kuliah Umum kali ini untuk memberikan wawasan praktis tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam memulai dan mengelola usaha baru, dapat menginspirasi Hadirin terutama Mahasiswa untuk berpikir di luar kotak, mengembangkan ide-ide baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)