Polbangtan Kementan Pacu Jiwa Kewirausahan Generasi Muda

Senin, 01 April 2024 - 15:30 WIB
loading...
Polbangtan Kementan Pacu Jiwa Kewirausahan Generasi Muda
Polbangtan Medan yang merupakan sekolah tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan). Foto/Istimewa
A A A
MEDAN - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan yang merupakan sekolah tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak para milenial muda untuk berwirausaha di bidang pertanian.

Sesuai dengan visi dan misi Polbangtan serta Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu membentuk wirausaha muda di bidang pertanian yang maju, mandiri dan modern. Ini sesuai arahan dengan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman.

Dia mengatakan wirausaha merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur.



Menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

“Wirausaha ini tidak dimaksudkan sekedar untuk mencetak tenaga terampil dibidang pertanian. Tetapi lebih dari itu, menciptakan para wirausahawan bidang pertanian. Lulus dari Polbangtan harus menciptakan lapangan kerja, bukan mencari lapangan kerja,” ujar Amran.

Pada kuliah umum yang merupakan edisi spesial kali ini, dihadiri secara virtual online oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Dalam sambutanya, Dedi menghimbau kepada mahasiswa/i Polbangtan Medan dan peserta Kuliah Umum agar jangan bimbang dan jangan ragu untuk menjadi petani. Petani muda yang berjiwa agribisnis, petani muda yang berjiwa wirausaha.

“Pertanian itu menghasilkan oksigen, menghasilkan bahan pangan, mengkonservasi air dan pertanian juga menghasilkan tempat tinggal. Pertanianlah sesungguhnya yang menyediakan seluruh kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini,” ucapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)