RS Tipe C Disiapkan Bagi Warga Medan Bagian Utara

Rabu, 19 September 2018 - 20:34 WIB
RS Tipe C Disiapkan Bagi Warga Medan Bagian Utara
RS Tipe C Disiapkan Bagi Warga Medan Bagian Utara
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin S meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Tipe C di Jalan Kol L Yos Sudarso Km 19, Kelurahan Pekan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (19/9/2018).

Kehadiran rumah sakit ini nantinya diharapkan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama bagi warga di kawasan Medan bagian Utara. Selain itu, untuk mengurangi membeludaknya pasien di RSUD dr Pirngadi Medan, sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih maksimal.

Dengan peletakan batu pertama ini, Pemko Medan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKP2R) Kota Medan memulai pembangunan rumah sakit. Selain peletakan batu pertama, pembangunan ditandai dengan pemasangan tiang pancang yang dilakukan langsung Wali Kota didampingi Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah dan Danlanud Soewondo Kol PNB Dirk Poltje Lengkey.

Kata Eldin, Rumah Sakit Tipe C ini direncanakan akan dibangun 8 lantai dilengkapi dua buah lift, basement dan ruang parkir yang cukup memadai dengan total luas bangunan sekitar 13.539 M2. Waktu pengerjaan ditaksir selama 560 hari kalender dengan menggunakan dana APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018/2019.

“Dengan peletakan batu pertama ini, pembangunan Rumah Sakit Tipe C dimulai. Insya Allah pembangunannya selesai tahun depan (2019). Kehadiran rumah sakit ini nantinya kita harapkan dapat menampungh pelayanan kesehatan masyarakat Kota Medan, khususnya wilayah utara Kota Medan,” kata Wali Kota.

Pembangunan Rumah Sakit Tipe C, lanjut Wali Kota, sebagai salah satu wujud komitmen Pemko Medan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebab, kesehatan merupakan bagian penting karena terkait dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat masyarakat.

Usai memberikan sambutan, wali kota selanjutnya meletakkan batu pertama dan pemasangan tiang pancang disertai penekanan tombol sirine. Kemudian dilanjutnya dengan peninjauan ke lokasi sekaligus melihat maket Rumah sakit Tipe C.

Kadis DPKP2R Sampurno Pohan menjelaskan Rumah Sakit Tipe C ini diarahkan melayani masyarakat yang bermukim di 4 kecamatan Medan bagian Utara yakni Kecamatan Medan Labuhan, Medan Deli, Medan Marelan dan Medan Belawan. Dia menjelaskan, Rumah Sakit Tipe C akan dibangun di atas lahan seluas 8.128,08 M2 yang dulunya merupakan eks Puskesmas Pekan Labuhan setelah dilakukan perluasan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6078 seconds (0.1#10.140)