Dorong Ekonomi Daur Ulang, Bantul Bangun Pengolahan Sampah di Pasar Niten

Selasa, 05 Maret 2024 - 19:05 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, tidak menutup kemungkinan apabila TPST telah beroperasi seluruhnya, bukan tidak mungkin Bantul bakal bisa mengelola sampah dari wilayah lain. Hal ini sejalan dengan misi penciptaan industri baru yang bisa mendongkrak ekonomi warga.

"TPST di Bantul banyak karena kita pandang sebagai industri, bukan tempat pembuangan sampah. Karena sampah ini jadi sumber daya ekonomi baru, ini nanti ada uangnya semua ini, RDF yang membeli Cilacap, terus pupuk kompos nantinya dibeli Dinas Pertanian untuk keperluan kompos tanaman holtikultura kita," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Rudy Suharta menjelaskan cara kerja ITF Pasar Niten.

Dijelaskan, ITF Pasar Niten terdiri dari satu set alat pemilahan sampah dan 12 rotary kiln untuk pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos.

Teknisnya, lanjut dia, sampah yang telah dipilah dimasukkan ke dalam mesin pencacah, kemudian sampah yang telah berukuran kecil akan dimasukkan ke dalam rotary kiln dan dicampur dengan cairan EM4. Sampah yang telah tercampur kemudian didiamkan selama lima hari sebelum siap digunakan.

"Pengolahan sampah di ITF Pasar Niten ini hampir tidak ada residu," ujarnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)