Bupati Sleman, Pramuka Diharapkan Aktif Tanggulangi COVID-19

Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:59 WIB
loading...
Bupati Sleman, Pramuka Diharapkan Aktif Tanggulangi COVID-19
Bupati Sleman Sri Purnomo memberikan sambutan peringatan HUT ke 59 Pramuka di gedung Serbaguna Sleman, Kamis (13/8/2020). Foto SINDOnews
A A A
SLEMAN - Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pramuka sebagai wadah generasi muda diharapkan ikut berperan secara aktif dalam penaggulangan bencana pandemi Covid-19.

“Mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat banyak yang harus terhenti untuk mencegah semakin merebaknya COVID-19. Maka dari itu generasi muda sudah seharusnya ikut berperan secara aktif dalam penanggulangan bencana Covid-19,” kata Sri Purnomo dalam kegiatan peringatan HUT ke-59 Pramuka di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Kamis (13/8/2020).

Sri Purnomo menjelaskan meskipun Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, gerakan Pramuka dinilai tetap harus aktif ikut serta melaksanakan berbagai kegiatan sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat. (Baca: GKR Mangkubumi Minta Pembina Pramuka Pahami Risiko Kegiatan)

“Keberadaan Pramuka sebagai salah satu pemicu kesadaran sosial diharapkan untuk memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial masyarakat kita pada saat ini. Pramuka harus mampu menjadi teladanan bagi semua pihak,” papar bupati Sleman dua periode itu.

Menurut Sri Purnomo, semangat generasi muda dalam penanggulangan bencana COVID-19 sesuai dengan tema yang diambil pada peringatan HUT ke-59 Pramuka yaitu Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara. (Baca: Polres Sleman Dirikan 2 Posko Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi)

Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi menambahkan adanya pandemi COVID-19 membawa dampak bagi kegiatan kepramukaan di gugus depan yang berpangkalan di Sekolah, Kampus dan Satuan pendidikan lainnya. Namun tetap mendorong para pembina Pramuka untuk dapat terus melakukan pembinaan terhadap peserta didiknya dengan metode proses pembinaan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Saat ini kami sedang menyusun pedoman penyelenggaraan kegiatan kepramukaan menuju masa adaptasi kebiasaan baru sehingga nanti bisa dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan,” katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)