Calon Senator Sumut Ini Miliki Harta Terendah

Senin, 06 Agustus 2018 - 16:30 WIB
Calon Senator Sumut Ini Miliki Harta Terendah
Calon Senator Sumut Ini Miliki Harta Terendah
A A A
MEDAN - Calon Senator asal Sumatera Utara (Sumut), Dadang Darmawan Pasaribu memilih untuk maju menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Meskipun memiliki harta kekayaan terendah yaitu tidak lebih dari Rp158 juta sesuai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) yang diunggah KPK melalui situs resminya, Dadang mengaku tidak terlalu khawatir.

“Saya sudah menduga jika kekayaan yang kita laporkan ke KPK adalah salah satu yang terminim. Namun demikian, kita tidak khawatir, karena Tuhan dan teman adalah modal kita untuk maju menjadi anggota DPD,” terang Dadang di Medan, Senin (6/8/2018).

Menurutnya, dalam kontestasi DPD, uang bukanlah menjadi pondasi utama. Tuhan disebutnya menjadi modal utama yang dimilikinya. Sebab, tanpa bantuan dan Ridho Tuhan, mustahil seseorang akan dapat perubahan-perubahan yang bersifat fundamental. Berbagai perubahan tersebut hanya datang melalui pertolongan Tuhan.

Dikatakannya, bentuk perubahan yang bakal dilakukan nantinya juga merupakan penjelmaan dari dukungan dari para teman, sahabat dan jaringan-jaringan lainnya. Perubahan, katanya, bukanlah sesuatu yang dianggapnya bisa dilakukan oleh pribadi seseorang, melainkan dengan kerjasama antar berbagai pihak.

Keyakinan Dadang terhadap para jaringannya dilatarbelakangi dari apa yang sudah dikerjakannya sejak duduk di bangku perkuliahan. “Saya berteman sejak mahasiswa. Masuk ke berbagai organisasi, pergerakan mahasiswa dan sosial serta turut bekerja untuk mengadvokasi dan membela kaum buruh dan kaum tani,” jelas akademisi dari Fisip USU itu.

Tidak hanya itu, Dadang juga aktif sebagai pengamat politik, analis dan penulis membuat dirinya juga kerap bersentuhan dengan politisi, konsultan politik dan pejabat lainnya. Hal tersebut menunjukkan dirinya berhubungan dengan berbagai lapisan masyarakat. Baik dari kalangan atas, tengah hingga akar rumput.

Apa yang dilakukan Dadang terlihat selama proses pendaftarannya sebagai calon anggota DPD. Meskipun di awal tidak mempunyai niat untuk mencalonkan diri, namun para orang-orang di sekitarnya terus mendorong Dadang untuk maju. Dadang memastikan jika nantinya diberikan kesempatan menjadi anggota DPD, dia tidak akan menyalahgunakan amanat tersebut khususnya untuk memperkaya diri sendiri.

Berdasarkan hasil LHKPN KPK sejauh ini, Dadang Darmawan Pasaribu menjadi satu diantara calon anggota DPD se-Indonesia yang kekayaannya di angka minus. Empat lainnya adalah Fajran Zain dari Aceh (minus Rp132.445.000), Azim Antoni Norega Jais dari Jambi (minus Rp1.500.000), Reimal Kaldhani dari Kalimantan Timur (minus Rp7.800.000) dan Ramli Kasim dari Gorontalo (minus Rp115.184.000).

Namun, jumlah ini masih mungkin bertambah. Karena dari total 657 orang yang sudah mengaktifkan akun LHKPN, masih ada 147 orang lagi yang belum melaporkan harta kekayaannya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6285 seconds (0.1#10.140)