Ledakan Elpiji di Malang Akibatkan 6 Orang Terluka

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:56 WIB
loading...
Ledakan Elpiji di Malang Akibatkan 6 Orang Terluka
Ledakan dahsyat menggemparkan permukiman padat penduduk di Jalan Kerto Pamuji Nomor 18, Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada Minggu (18/2/2024). Foto/Ist
A A A
MALANG - Sebuah ledakan dahsyat menggemparkan permukiman padat penduduk di Jalan Kerto Pamuji Nomor 18, Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada Minggu pagi (18/2/2024). Ledakan tersebut berasal dari tabung Elpiji yang bocor di sebuah warung, mengakibatkan 6 orang mengalami luka bakar serius.

Peristiwa mengerikan ini terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Api dengan cepat melahap warung dan menyebabkan kepanikan di antara warga sekitar.

Komandan Regu (Danru) UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang Agoes Soebekti mengatakan, pihaknya menerima laporan ada kebakaran sekitar pukul 07.39 WIB. Kemudian petugas langsung menindaklanjuti dengan menerjunkan empat unit mobil Damkar ke lokasi kejadian di rumah milik Agus Riyanto (36).

"Penanganan kebakaran sekitar pukul 07.52 WIB, perlu waktu sekitar 30 menit untuk pemadaman api dengan mengerjakan empat mobil dan 15 personel," ucap Agoes Soebekti, saat dikonfirmasi pada Minggu (18/2/2024) pagi.



Menurutnya, sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu pagi, api bersama-sama oleh warga berhasil dipadamkan, sehingga ketika petugas tiba di lokasi kejadian, tinggal melakukan pendinginan dan mengevakuasi para korban.

"Ada enam orang korban dari warga dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), terdiri dari tiga orang mengalami luka bakar 40 persen dan tiga orang lagi mengalami luka robek di telapak kaki kanan, karena terjatuh terpeleset saat pemadaman," jelasnya.

Para korban diketahui merupakan pekerja warung dan pemilik rumah yang digunakan usaha kuliner. Selain korban luka, pihaknya menaksir peristiwa ini mengalami kerugian hingga Rp 10 juta, karena kerusakan rumah di beberapa bagian dengan luasan 20 meter persegi.

"Penyebabnya memang tabung gas bocor yang menyebabkan ledakan. Karena pengakuan pemilik rumah sempat melihat api dari selang regulator kompor elpiji di dapur rumahnya," bebernya.

Aparat keamanan dan petugas Damkar menemukan beberapa barang bukti berupa selang regulator elpiji dan tabung elpiji tiga kilogram, yang diduga menjadi penyebab kebakaran dan ledakan, yang mengejutkan warga di sekitar kampus Universitas Brawijaya ini.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)