Dikunjungi Wamenparekraf Angela, Founder Mojiken Harap Gim Indonesia Dikenal Internasional

Selasa, 13 Februari 2024 - 07:36 WIB
loading...
Dikunjungi Wamenparekraf Angela, Founder Mojiken Harap Gim Indonesia Dikenal Internasional
CEO & Founder Mojiken, Eka Pramudita Muharram bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. Foto/Masdarul Kh/MPI
A A A
SURABAYA - CEO & Founder Mojiken, Eka Pramudita Muharram berterima kasih atas perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dia berharap industri gim Indonesia terus bertumbuh dan dikenal hingga ke kancah internasional.

Hal itu ia sampaikan saat dikunjungi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, pada Senin (12/2/2024).

“Dan juga harapannya tidak hanya terkenal di luar tapi juga mengcapture market Indonesia sendiri. Saya yakin nanti akan bisa berkolaborasi dengan industri gim lainnya dan juga dari Kemenparekraf itu bisa bersinergi. Dan pada akhirnya bisa meningkatkan standar kita,” kata Eka.

Dalam kesempatan itu, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) gim lokal di Surabaya, Jawa Timur. Penguatan SDM adalah kunci dari pengembangan industri gim lokal.



“Saat saya mengunjungi studio gim di Korea, saya melihat mereka mengembangkan sektor gim ini melalui pendidikan. Begitu saya cari tahu ternyata yang mereka ajarkan bukan dari segi teknisnya saja, tapi bisnisnya, jadi melalui ini bisa menjadikan nilai ekonomi yang besar,” kata Angela.

Angela juga sempat berdiskusi untuk menampung aspirasi dari Mojiken Studios, komunitas Gamedev Arek Suroboyo (GADAS), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Menurutnya dari segi teknis pembuatan gim lokal sampai saat ini sudah semakin baik, namun masih perlu diperkuat dari sisi pengelolaan binisnya.

“Misalnya, dari sisi pengembangan IP, ini butuh ahli untuk memahami potensinya seperti apa, karena tidak semua bisa memahami potensi IP seperti apa yang cocok pada gim yang dimilikinya,” kata Wamenparekraf Angela.

Angela mengapresiasi Mojiken Studios yang merupakan developer game indie berbasis di Surabaya. Salah satu karyanya yaitu “A Space for Tne Unbound” sukses menarik perhatian internasional.

Gim-gim yang dirilis oleh Mojiken Studios hampir semuanya mendapatkan review positif dari para pemainnya.

“Yang pasti saya sangat bangga dengan achievement Mojiken dengan A Space for Tne Unbound yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Bahkan di Tokyo pada tahun 2022 sebelum launching sudah mendapatkan penghargaan sehingga di tahun 2023 saat launching langsung hits luar biasa,” tambah Angela.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)