Banjir Surut, Semua Lajur di Km 130 Tol Padaleunyi Bisa Dilalui

Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:10 WIB
loading...
Banjir Surut, Semua Lajur di Km 130 Tol Padaleunyi Bisa Dilalui
Antrean kendaraan ke arah Cileunyi saat banjir masih menggenangi ruas Km 130 Tol Padaleunyi. Foto/Jasa Marga
A A A
BANDUNG - Banjir yang menggenangi ruas Km 130 Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), kawasan Pasirkoja, Kota Bandung , sudah surut dan antrean kendaraan dapat diatasi, Rabu (12/8/2020) sekitar pukul 20.30 WIB.

PT Jasa Marga berjibaku melakukan penyedotan menggunakan pompa dan pembuatan tanggul darurat penahan genangan air dengan excavator sejak pukul 17.30 hingga 20.10 WIB. (BACA JUGA: Diduga Dampak Proyek Kereta Cepat, Tol Padaleunyi Kebanjiran )

Saat ini, semua lajur, baik bahu jalan, lajur 1, 2, maupun 3 di Km 130 Tol Padaleunyi dapat dilalui kendaraan. Kondisi ini sama di kedua arah, baik yang mengarah ke Cileunyi maupun Jakarta. (BACA JUGA: Ambulans Patah As, Ibu Mau Melahirkan Sudah Pecah Ketuban Dievakuasi Polisi )

"Update informasi pukul 20.30 WIB, seluruh lajur di jalan Tol Padaleunyi Km 130, baik arah Cileunyi dan Jakarta, telah bisa dilalui sejak pukul 20.10 WIB," kata Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis Rabu (12/8/2020) malam. (BACA JUGA: Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Sopir Elf Tewas Jadi Tersangka )

Dwimawan mengemukakan, genangan air yang sempat mengganggu arus kendaraan di kedua arah Tol Padaleunyi, telah surut. "Antrean kendaraan nihil. Jasa Marga memastikan seluruh lajur telah aman untuk dilalui pengguna jalan. Informasi lalu lintas di seputar tol milik Jasa Marga dapat di akses melalui Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080," ujar Dwimawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir menggenangi ruas Tol Padaleunyi, tepatnya Km 130, kawasan Pasirkoja, Kota Bandung, baik arah Jakarta maupun Cileunyi, Rabu (12/8/2020).

Genangan air di ruas Tol Padaleunyi itu diduga akibat imbas dari proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang saat ini sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap.

Sementara, beberapa saat sebelum banjir menggenangi Km 130 Tol Padaleunyi, hujan cukup deras dengan durasi sekitar 1 jam mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya.

Akibat genangan air itu, arus kendaraan baik yang mengarah ke Jakarta maupun Cileunyi terganggu. Sebab, akibat genangan air, dari total tiga lajur ke arah Cileunyi, hanya lajur tiga atau cepat yang dapat dilalui kendaraan besar seperti mini bus dan kendaraan non golongan 1 dengan genangan setinggi 50 sentimeter (cm). Sedangkan untuk bahu jalan, lajur satu dan dua, tidak dapat dilalui lantaran genangan air cukup tinggi.

Dwimawan mengatakan, untuk penanganan genangan air tersebut, Jasa Marga berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dalam melakukan pengalihan lalu lintas.

Dwimawan menuturkan, kejadian ini tidak diakibatkan tak berfungsinya sistem drainase jalan tol, melainkan karena proyek pembangunan kereta cepat di sekitar Jalan Tol Padaleunyi Km 130, yang sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)