Ridwan Kamil: Ciptakan Lapangan Kerja Melalui Program Saudagar Jabar

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:27 WIB
Ridwan Kamil: Ciptakan Lapangan Kerja Melalui Program Saudagar Jabar
Ridwan Kamil: Ciptakan Lapangan Kerja Melalui Program Saudagar Jabar
A A A
CIKARANG - Kandidat Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil berupaya menciptakan lapangan kerja dengan menggenjot kegiatan usaha dan bisnis di Jawa Barat melalui program Saudagar Jabar.

Menurut dia, generasi muda Jawa Barat saat ini masih banyak yang berpikir untuk menjadi sukses dengan menjadi karyawan. Padahal pintu rezeki itu bisa juga didapat dari tata niaga.

"Melalui Saudagar Jabar diharapkan bisa melahirkan banyak wirausaha baru di Jawa Barat, sekaligus menciptakan lapangan kerja," kata dia usai bertemu dengan warga di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu, 23 Mei 2018.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, program ini ia hendak mengubah pola pikir masyarakat terutama anak mudanya tentang bisnis atau usaha yang juga bisa membuat mereka sukses. Dengan membuka usaha, otomatis mereka juga ikut mengurangi pengangguran.

"Kalau setelah lulus sekolah pikirannya menjadi karyawan maka persepsi ini yang membuat presentasi jumlah pengusaha Indonesia jadi kecil. Kalah sama Singapura apalagi Tiongkok," kata Wali Kota Bandung yang meraih 310 penghargaan.

Untuk memulai ini, Kang Emil berencana memudahkan perizinan untuk pengusaha. Selain itu bantuan permodalan juga akan jadi bagian dari program Saudagar Jabar ini. "Sehingga ada peningkatan dari wirausaha yang level kecil ke level besar dan memberi semangat untuk yang para millenial," ucap dia.

Pelatihan bagi setiap tingkatan pengusaha juga jadi salah satu prioritas Kang Emil. "Jadi perizinan, permodalan, dimudahkan, dan ada pelatihan level pemula sampai investor besar," kata dia.

Sebelumnya, pada diskusi dengan para pengusaha dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Barat 26 April lalu, Kang Emil berkomitmen akan mendahulukan pengusaha Jawa Barat jika ada investor proyek-proyek strategis yang hendak berinvestasi di provinsi dengan 27 kabupaten/kota ini.

"Banyak investasi datang yg kerjakan orang luar, kita hanya jadi penonton, maka kita lakukan afirmatif action, sebuah keberpihakan untuk pengusaha lokal dengan cara yang baik," kata Kang Emil.

Menurut dia, program prioritas untuk pengusaha Jawa Barat disebut program Saudagar Jabar. Jika sudah berjalan, Kang Emil berharap gagasan ini bisa menjadi penyelesaian yang multidimensi, mengurangi ketimpangan, dan mengakselerasi kemajuan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1183 seconds (0.1#10.140)