Agenda Munas IX di Bandung Ricuh, Ini Penjelasan AMPI Jabar

Selasa, 08 Maret 2022 - 04:42 WIB
loading...
Agenda Munas IX di Bandung Ricuh, Ini Penjelasan AMPI Jabar
AMPI Jabar menyatakan, kericuhan yang mewarnai agenda Munas IX AMPI akibat salah paham. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Agenda Musyawarah Nasional (Munas) IX Angkatan Muda Perubahan Indonesia ( AMPI ) di Kota Bandung diwarnai kericuhan. Kericuhan yang terjadi di lokasi Munas, yakni di Hotel Pullman, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (7/3/2022) siang dipicu oleh salah paham.

Hal ini disampaikan Ketua AMPI Jawa Barat, Ahmad Hidayat membenarkan peristiwa tersebut. Ahmad menyatakan, sebagai tuan rumah, pihaknya berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap seluruh peserta munas. "Sebagai tuan rumah, kami sudah berusaha sebaik mungkin. Namun, ternyata ada kesalahanpahaman," ungkap Ahmad saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.



Menurut Ahmad, kesalahpahaman melibatkan delegasi AMPI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan pihak penyelenggara. "Ada kesalahpahaman antara delegasi Sumut dan pihak penyelenggara," sebutnya.

Meski begitu, Ahmad enggan mengungkapkan pangkal kesalahpahaman tersebut. Dia beralasan sudah lelah dan khawatir memberikan pernyataan yang salah. "Sudah dulu ya, saya lelah, takut salah nanti. Intinya ada kesalahpahaman," kata Ahmad sambil menutup teleponnya.

Sebelumnya, polisi membenarkan kericuhan mewarnai Munas IX AMPI, Senin (7/3/2022). Kapolsek Bandung Wetan, Kompol Asep Saepudin menyatakan, peristiwa terjadi siang tadi. "Kejadiannya siang tadi," ungkap Asep.

Menurut Asep, tidak ada korban akibat kericuhan tersebut dan kegiatan Munas pun kembali berlanjut usai keributan berhasil diredam. "Tidak ada korban, kegiatan pun kembali berlangsung," katanya.

Terkait penyebab kericuhan, Asep mengungkapkan bahwa hal itu dipicu oleh salah seorang anggota AMPI yang tidak diperbolehkan masuk ke arena Munas karena tidak mengantongi tanda pengenal. "(Keributan) Karena sesama anggota AMPI mau masuk, tapi gak ada id card," sebut Asep. Baca juga: Pemicu Adu Jotos di Munas AMPI Terungkap, Begini Penjelasan Polisi

Diketahui, sebuah video berisi kericuhan yang diduga terjadi saat Munas IX AMPI di Bandung beredar luas melalui pesan WhatsApp. Dalam video terlihat, massa saling dorong hingga luar ruangan aula hotel tempat berlangsungnya munas. Tampak pula massa saling dorong dan berlari. Bahkan, beberapa tampak saling adu jotos hingga tersungkur.

Munas XI AMPI sendiri dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (6/3/2022) kemarin.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)