alexametrics

Survei LSPN, Ishak Yudha Unggul, HDMY Kian Merosot

loading...
Survei LSPN, Ishak Yudha Unggul, HDMY Kian Merosot
Survei independen dari Lembaga Studi Politik Nasional (LSPN) menyatakan Ishak Mekki tertinggi elektabilitasnya dari calon lainnya. Foto/Istimewa
A+ A-
PALEMBANG - Mendekati hari H pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Pilgub Sumsel), elektabilitas pasangan Ishak Mekki dan Yudha Pratomo semakin tinggi. Survei independen dari Lembaga Studi Politik  Nasional (LSPN) menyatakan Ishak Mekki tertinggi elektabilitasnya dari calon lainnya.

Rilis Survei yang dikeluarkan LSPN, mulai 7 sampai 17 Mei 2018 dengan jumlah responden 1000 orang dan margin of error 3,1% mengahasilkan Elektabilitas IM 27,60% mengungguli Dodi yang mendapat 25,43%. Sedangkan Deru semakin turun mendapat 22.05% dan Aswari meraih 8,10%, adapun yang masih belum menentukan pilihan (TT/Tj) 16.82%.

Seperti yang dijelaskan Pengamat Politik dan Direktur LSPN, Rizal Marhaini mengatakan hasil survei yang dilakukan kurang lebih satu bulan tersebut menghasilkan 3 (tiga) point penting yang berkaitan dengan kemenangan Pasangan Calon Ishak-Yudha.

"Ada tiga hal alasan mengapa Ishak Mekki unggul elektabilitasnya dari calon-calon lainnya. Pertama dari strategi, Kedua programnya sesuai dengan keinginan masyarakat.  Ketiga langsung dirasakan oleh masyarakat," terang Rizal dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Sabtu, (19/5/2018).



Rizal menjelaskan yang perlu diperhatikan, bahwa pasangan nomor urut tiga memiliki trend persepsi pemilih yang posisitif terkait dengan program-program yang ditawarkan dan pola kampanye yang bersentuhan langsung dengan pemilih.

"Selain daripada itu faktor ishak mekki sebagai figur yang bersih dari kasus hukum dan moral menjadi faktor pendorong pemilih untuk memilih paslon nomor urut tiga Ishak-Yudha," jelas Rizal.

Masih menurut Direktur LSPN, Sebaliknya dengan pasangan nomor urut satu HDMY dari hasil risetnya menunjukan trend penurunan. Herman Deru menunjukan persepsi publik yang kurang diminati oleh pemilih lantaran masih diserang isu-isu negatif, mulai dari dirinya dan juga calon wakilnya.

"Isu-isu negatif terkait pasangan HDMY memang sudah menyebar dimasyarakat, dan hal ini yang menyebabkan semakin turunnya elektabiltas paslon nomor urut 1 tersebut," tandasnya.

Sementara pasangan nomor urut 4 (empat) Dodi-Giri dan nomor urut 2 (dua) pasangan Asri menunjukkan gejala elektabilitas yang stagnan dan tidak ada sama sekali perubahan yang signifikan.

"Dari beberapa Survei yang dilakukan paslon no 4 dan 2 tidak menunjukan pergerakan yang signifikan," imbuh Rizal.

Di sisi yang sama Sekretaris DPD Sumsel Partai Demokrat, Muhammad F Ridho menjelaskan, walaupun dari beberapa calon yang berusaha untuk menurunkan elektabilitas Ishak Mekki melalui isu-isu negatif. Tentunya tidak akan berdampak apapun karena sesuai data dan faktanya calon gubernur nomor urut 3 tiga ini bersih dari isu dinasti politik, isu korupsi maupun isu SARA.

"Kini Ishak Mekki, mulai diserang oleh beberapa calon lainnya. Sayangnya Ishak Mekki tidak memiliki celah negatif apapun. Karena selama beliau menjadi Wakil Gubernur Sumsel lurus-lurus saja dan tidak mau membuat kegaduhan di Pemerintahan," kata Ridho sapaan akrabnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak