Diguyur Hujan, Puluhan Kendaraan Terjebak Lumpur di Jalur Trans Kalteng-Kalbar

Minggu, 08 April 2018 - 16:00 WIB
Diguyur Hujan, Puluhan Kendaraan Terjebak Lumpur di Jalur Trans Kalteng-Kalbar
Diguyur Hujan, Puluhan Kendaraan Terjebak Lumpur di Jalur Trans Kalteng-Kalbar
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Hujan deras yang mengguyur Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng dalam satu pekan terakhir menyebabkan jalur Pangkalan Bun-Kolam (Trans Kalteng-Kalbar) rusak parah penuh lumpur. Ada lima titik yang rusak parah berlumpur dengan panjang bervariasi mulai 20-50 meter.

Akibatnya sejumlah mobil terjebak dalam kubangan lumpur di kilometer 21-30 dari arah Pangkalan Bun. Para sopir pun harus bahu-membahu mengeluarkan mobil dengan cara ditarik, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Kubangan lumpur yang mencapai 60 centimeter membenamkan roda mobil.

Ale, sopir taksi rute Sukamara-Pangkalan Bun mengaku harus berjuang keras melintasi jalan tersebut. Dia terpaksa lewat jalan Kolam untuk mempersingkat waktu dan mengirit biaya operasional. Tapi ternyata justru banyak biaya dan waktu terbuang.

"Sejak kemarin kami tertahan di sini, maksudnya ingin memperkecil pengeluaran tapi justru jadi nombok. Bisa saja lewat Lamandau tapi jauh juga meski jalannya bagus,” keluh Ale saat berjuang keras mengeluarkan mobilnya yang sudah masuk ke kubangan tanah berlumpur, Minggu (8/4/2018).

Warga Pangkalan Bun, Udin juga mengeluhkan hal senada. Dia mengatakan, jalan Kolam hingga Pangkalan Bun ada 5 titik jalan yang rusak parah. Kerusakan terparah ada di KM 21-18 dari arah Pangkalan Bun.

Dia berharap Dinas Pekerjaan Umum ( DPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus segera memperbaiki jalan yang rusak dengan cepat. "Ada 5 titik yang rusak. Kerusakan terparah di sini, tadi malam saja ada 6 mobil yang terpaksa menginap," ungkapnya.

Pengamatan di lapangan puluhan kendaraan terpaksa antre saat di jalan Pangkalan Bun-Kolam. Bahkan belasan kendaraan terbenam lumpur saat melintasi jalan. Kebanyakan mobil taksi yang akan mengantar penumpang terpaksa memanggil rekannya dari Pangkalan Bun untuk menjemput dan mengantar penumpangnya menuju tempat tujuan.

Sri, penumpang taksi tujuan Sukamara dari Pangkalan Bun harus rela menunggu lama untuk sampai ke Sukamara sejak tadi pagi. Jalan Pangkalan Bun-Kolam merupakan jalur penghubung dari Kabupaten Kobar menuju Kabupaten Sukamara, Kalteng dan menuju Kabupaten Ketapang Kalbar.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9445 seconds (0.1#10.140)