Update Tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line, KNKT Selidiki Persinyalan dan Kelalaian Petugas

Sabtu, 06 Januari 2024 - 09:20 WIB
loading...
Update Tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line, KNKT Selidiki Persinyalan dan Kelalaian Petugas
Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelidiki tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya di Cicalengka Kabupaten, Bandung. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelidiki kasus tabrakan Kereta Api (KA) Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Tim akan menyelidiki seluruh aspek yang diduga menjadi faktor penyebab kecelakaan maut tersebut, termasuk kelalaian petugas PT KAI.



Investigator KNKT Gusmaedi Rahmanas mengatakan, terkit penyebab tabrakan tim belum bisa memberikan keterangan mendetail. Tim saat ini masih mengumpulkan data faktual di tempat kejadian perkara (TKP).

"Jadi kami belum bisa menyampaikan kesimpulan atau penyebabnya kira-kira. Butuh ekspertis, tenaga ahli lain," kata Gusmedi Rahmanas kepada wartawan di lokasi kejadian dikutip Sabtu (6/1/2024).



Gusmedi menyatakan, data yang dikumpulkan, antara lain, data logger, kecepatan, tekanan pengereman kereta. Tim akan melihat apakah ada data logernya atau tidak.

Diketahui, data logger atau perekam data adalah sebuah alat elektronik yang mencatat data dari waktu ke waktu yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen.



"Nanti dilihat rekaman rekaman dari sarana itu, ada kecepatan, tekanan pengereman, respon dari sarananya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)