Polda Bali Bantah Edarkan Data Lokasi ATM Diskimming

Rabu, 21 Maret 2018 - 09:15 WIB
Polda Bali Bantah Edarkan Data Lokasi ATM Diskimming
Polda Bali Bantah Edarkan Data Lokasi ATM Diskimming
A A A
DENPASAR - Daftar lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diduga dipasangi alat skimming oleh pelaku tindak pidana kejahatan cyber dan perbankan beredar luas di aplikasi WhatsApp dan media sosial sejak Selasa, 20 Maret 2018.

Dalam daftar tersebut, setidaknya ada 67 ATM yang lokasinya tersebar di seluruh Bali. Pihak kepolisian menegaskan tidak mengeluarkan daftar lokasi ATM yang diskimming itu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Kombes Pol Hengky Widjaja mengatakan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Unit Cyber Crime Polda Bali terkait beredarnya selebaran daftar lokasi ATM yang diskimming.

Dia menyatakan, adanya selebaran itu diduga hoax dan tidak memiliki dasar. Pasalnya, unit Cyber juga menampik adanya selebaran yang menunjukan lokasi atau titik-titik ATM yang terindikasi dipasangi alat skimming.

“Kami sudah konfirmasi ke Cyber, bahwa mereka tidak tahu menahu soal selebaran (daftar ATM terindikasi pemasangan skimming) itu. Jadi, selebaran itu diduga hoax dan masih ditelusuri pihak yang menyebarkannya,” katanya di Denpasar, Rabu (21/3/2018).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat dengan adanya tindak pidana kejahatan skimming itu agar masyarakat lebih hati-hati dalam melakukan transaksi melalui ATM.

Diberitakan sebelumnya bahwa ada tiga orang asing asal Turki yang melakukan kejahatan skimming. Mereka telah membobol data nasabah Bank Mandiri.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1366 seconds (0.1#10.140)