Kisah Runtuhnya Kemegahan Ibu Kota Majapahit usai Ditaklukkan Sultan Demak

Kamis, 28 Desember 2023 - 07:31 WIB
loading...
Kisah Runtuhnya Kemegahan Ibu Kota Majapahit usai Ditaklukkan Sultan Demak
Gambar Keraton Majapahit hasil rekaan dari narasi Negarakertagama. Foto/Istimewa
A A A
Kerajaan Majapahit harus takluk oleh Kesultanan Demak, yang menjadi kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Majapahit sendiri akhirnya takluk setelah tentara Demak pada tahun 1478 melakukan ekspansi dan serangan ke wilayah ibu kota kerajaan.

Konon pada serangan itu pusat Kerajaan Majapahit dan ibu kotanya tak mengalami kerusakan berarti. Bahkan tentara Demak yang berhasil menaklukkan Majapahit pun tak melakukan pembakaran ke pusat kerajaan dan merusak bangunan ibu kota.

Konon pusat kerajaan bahkan masih utuh dan tidak dirusak, apalagi dibumihanguskan oleh tentara Kesultanan Demak yang dikuasai oleh Raden Patah atau Jin Bun saat itu. Tetapi raja Majapahit kala itu Bhre Kertabhumi berhasil ditawan oleh Raden Patah dan dibawa ke Demak.



Sejarawan Prof. Slamet Muljana dalam bukunya "Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara" mengungkapkan, bahwa Kerajaan Majapahit dimasukkan sebagai negara bawahan Demak.

Kemudian diangkatlah menantu Raja Bhre Kertabhumi sebagai bupati yakni Dyah Ranawijaya Girindrawawrdhana.Nama itu tercantum pada parasasti Jiyu/Dukuhan Duku O.J.O. XCII-XCV. Sementara pada berita Tionghoa dari klenteng Sam Po Kong di Semarang.

Raja Majapahit itu disebut Pa Bu Ta La, memerintah pada tahun 1488. Sedangkan pada batu tulis Jiu, Dyah Ranawijaya Girindrawardhana memerintah pada tahun Saka 1408 atau tahun Masehi 1486.

Boleh dipastikan bahwa Pa Bu Ta La itu sama dengan Girindrawardhana. Majapahit tetap masih berdiri, tetapi sebagai negara bawahan Demak. Kerajaan Majapahit harus membayar pajak kepada negara Islam Demak.



Girindrawardhana adalah ipar Jin Bun atau Raden Patah sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)