Terabas Alam, Camat Jirak Jaya Ajak Kades dan JTA Perangi Karhutla

Senin, 10 Agustus 2020 - 07:04 WIB
loading...
Terabas Alam, Camat Jirak Jaya Ajak Kades dan JTA Perangi Karhutla
Camat Jirak Jaya, anggota Polsek Sungai Keruh, Kepala Desa se -Kecamatan Jirak Jaya dan Komunitas motor Jirak Trail Adventure (JTA) melakukan sosialisasi bahaya Karhutbunla hingga ke pelosok, Minggu (09/08/2020).
A A A
MUBA - Setelah satu hari sebelumnya yakni Sabtu (8/8/2020) Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA turun langsung ke lapangan memantau titik hot spot lewat jalur udara yang juga langsung menjadi pilot pesawat pesawat jenis BN2T/PK - WMR berkapasitas 10 tempat duduk.

Kali ini, Minggu (9/8/2020) dengan menggunakan motor trail, Camat Jirak Jaya, anggota Polsek Sungai Keruh, Kepala Desa se -Kecamatan Jirak Jaya dan Komunitas motor Jirak Trail Adventure (JTA) melakukan sosialisasi bahaya Karhutbunla hingga ke pelosok.

"Hari ini kita lakukan terabas alam bersama - sama menggunakan motor trail mulai dari Desa Jirak - Mekar Jaya - hingga Bukit Pendape," ujar Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra, Sabtu (8/8/2020).

Sepanjang kegiatan itu, kata Yudi, pihaknya menyinggahi lahan dan kebun milik masyarakat untuk memberikan imbauan dan sosialisasi bahaya Karhutbunla, terutama di lahan atau kebun warga yang sudah dibersihkan.

"Kita mengimbau kepada pemilik lahan dan warga sekitar untuk tidak membakar lahan yang telah siap bakar karena melanggar Pasal 69 Jo Pasal 108 UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pasal 26 Jo Pasal 48 UU No. 18 tahun 2004 tentang Perkebunan," jelas dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan terabas alam menggunakan motor trail akan terus digalakkan selama musim kemarau ini sebagai bagian dari sosialisasi dan pendekatan kepada warga.

"Tujuan kita, agar masyarakat lebih memahami bahaya Karhutbunla, termasuk dampak dan sanksinya. Serta menjadikan Kecamatan Jirak Jaya Zero Hotspot," tegas dia.

Sementara, Kepala Desa Baru Jaya, Rahamid, mengatakan, pihaknya selalu mendukung program Pemerintah termasuk pencegahan Kerhutbunla, terutama di Desa Baru Jaya Kecamatan Jirak Jaya.

"Kegiatan terabas alam yang digagas Pak Camat Jirak Jaya sangat baik. Selain dapat menyalurkan hobi, kita juga dapat dengan mudah mencapai daerah pelosok untuk mensosialisasikan bahaya Karhutbunla kepada masyarakat," tandas dia.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menyebutkan agar setiap Camat di masing-masing wilayah mulai memaksimalkan patroli antisipasi pencegahan karhutlah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4057 seconds (0.1#10.140)