alexametrics

Ziarah ke Makam Syaichona Cholil, Puti Teringat Persahabatan Bung Karno dengan Ulama

loading...
Ziarah ke Makam Syaichona Cholil, Puti Teringat Persahabatan Bung Karno dengan Ulama
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam Syaichona Cholil di kompleks Masjid Syaichona Cholil, Desa Martajasah, Bangkalan, Sabtu (20/1/2018).Foto/Istimewa
A+ A-
BANGKALAN - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam Syaichona Cholil di kompleks Masjid Syaichona Cholil, Desa Martajasah, Bangkalan, Sabtu (20/1/2018). Puti yang berkerudung merah tampak khusyuk berkirim doa untuk ulama besar yang menjadi guru banyak kiai tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan berziarah di makam Syaichona Cholil, berdoa sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan beliau. Ini pesan khusus ayah saya, Pak Guntur, untuk berziarah di sini, karena kita semua tahu bahwa tanpa peran ulama, Indonesia mungkin hanya tinggal cerita masa lalu,” kata Puti dalam keterangan tertulis yang dikirimkan ke SINDOnews, Sabtu (20/1/2018).

Puti mengatakan, Syaichona Cholil adalah sosok ulama yang rela berkorban untuk umat dan bangsa. Syaichona Cholil juga guru dari banyak ulama besar yang berperan signifikan dalam perjalanan bangsa.

“Dari didikan beliau, lahir banyak ulama dan pejuang keindonesiaan. Keteladanan dan kedalaman ilmu beliau menyebar ke banyak daerah, membentuk kultur di daerah-daerah tersebut menjadi lebih religius, teduh, penuh kebaikan,” ujar dosen tamu Asia Jepang Research Center, Kokushikan University Jepang, itu.

Puti pun mengingat bagaimana kakeknya, Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno, menaruh hormat kepada para kiai, termasuk Syaichona Cholil dengan pesantrennya. “Karena dari sinilah, kemudian muncul ulama-ulama, termasuk para pendiri NU yang sangat dekat dengan Bung Karno, seperti KH Hasyim Asyari dan KH Abdul Wahab Chasbullah,” ujar Puti.

Seusai berziarah, begitu keluar dari kompleks masjid, Puti dikerubungi warga untuk bersalaman dan meminta foto bersama. “Salam kenal ya untuk semuanya,” kata ibu dari Rakyan Ratri Syandriasari Kameron (18 tahun) dan Rakyan Daanu Syahandra Kameron (16 tahun) itu ke sejumlah warga sambil menyalami mereka satu per satu.

Sebelum berziarah, Puti bersilaturahim ke Ponpes Syaichona Cholil. Puti sempat memberikan motivasi di depan ribuan santriwati pondok tersebut. “Sebagai sesama perempuan, untuk adik-adik santriwati, gantungkan cita-cita setinggi langit. Jangan takut bercita-cita. Kejar, perjuangkan, belajar dan bekerja yang rajin,” pesan Puti.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak