Kecam Serangan Brutal di Gaza, Jurnalis Makassar Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Selasa, 28 November 2023 - 01:49 WIB
loading...
Kecam Serangan Brutal di Gaza, Jurnalis Makassar Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina
Jurnalis di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar aksi solidaritas untuk Palestina. Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Serangan dan kekerasan brutal di Jalur Gaza, Palestina, yang dilakukan oleh pasukan Israel, dikecam keras oleh jurnalis di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kecaman terhadap aksi kekerasan di Gaza itu, dilakukan Jurnalis Makassar dengan menggelar aksi solidarits untuk Palestina.



Aksi solidaritas untuk Palestina, yang digelar empat lembaga pers yang ada di Sulawesi Selatan tersebut, digelar di bawah jembatan layang Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (27/11/2023) malam.



Lembaga pers yang terlibat dalam aksi solidaritas untuk Palestina ini, yakni Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar, dan Ruang Jurnalis Perempuan Sulawesi Selatan.



"Aksi ini adalah solidaritas untuk teman kita sesama jurnalis yang berada Jalur Gaza. Aksi ini kami harap didengar seluruh pihak, dan kami mendorong agar dugaan pembunuhan 57 jurnalis serta hilangnya beberapa rekan jurnalis pascaserangan di Gaza, didorong sampai ke pengadilan internasional," kata inisiator aksi Syafril Rahmat.

Ketua PJI Sulawesi Selatan ini berharap, aksi bela jurnalis terus berlanjut ke daerah lain, sehingga jurnalis ke depan tidak mengalami hal yang sama, diperlakukan tidak manusiawi.

Nasib jurnalis yang bertugas di Jalur Gaza, tidak mendapat perlindungan hingga harus terbunuh. "Khusus di Sulawesi Selatan, kami telah berkomitmen bersatu untuk memperjuangkan kerja-kerja jurnalis secara bersama-sama," tegasnya.

Mereka juga membacakan pernyataan sikap, yang berisi tentang kecamatan dan mengutuk keras segala bentuk serangan bersenjata yang dilakukan pasukan Israel secara brutal di Jalur Gaza, hingga membunuh ribuan jiwa anak-anak, perempuan, dan lansia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)