Berhasil Majukan UMKM, Bupati Bintan Terima Penghargaan

Kamis, 30 November 2017 - 02:08 WIB
Berhasil Majukan UMKM, Bupati Bintan Terima Penghargaan
Berhasil Majukan UMKM, Bupati Bintan Terima Penghargaan
A A A
BINTAN - Bupati Bintan, Kepulauan Riau, Apri Sujadi menerima penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Penghargaan ini diserahkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) AAGN Puspayoga dan President of International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kartajaya di Jakarta pada Selasa (28/11/2017).

Menkop UKM AAGN Puspayoga mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para insan kepala daerah yang telah memajukan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) di daerahnya masing-masing. Menurutnya ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah sebagai pendorong utama kemajuan ekonomi lokal.

"Kita berikan apresiasi kepada 33 kepala daerah yang berperan dalam menggerakkan sektor UMKM, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain, untuk terus semangat melakukan usaha-usaha bagi kemajuan UMKM di Indonesia," kata Puspayoga.

Saat penyerahan penghargaan Natamukti, juga diberikan penghargaan Natamukti tingkat Nindya. Penghargaan Natamukti sendiri diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Sedangkan Penghargaan Natamukti tingkat Nindya diberikan kepada kabupaten/kota yang mampu dalam usaha meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Dari 33 kabupaten/kota se-Indonesia yang menerima penghargaan Natamukti tersebut, 3 daerah di antaranya menerima penghargaan Natamukti tingkat Nindya yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kota Tangerang Selatan dan Kota Makassar.

Sedangkan 30 daerah lainnya di antaranya Kota Bandung, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bintan, Kabupaten Banyuwangi, Kota Bogor.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, penghargaan ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Bintan. Karena dari 33 kabupaten/kota se-Indonesia yang berprestasi di bidang UMKM, Kabupaten Bintan termasuk salah satunya.

"Ini merupakan prestasi tersendiri bagi pemerintah daerah, masyarakat dan pelaku UMKM di Kabupaten Bintan karena dari ratusan daerah di Indonesia, Kabupaten Bintan mampu mendapatkan penghargaan ini," kata Apri.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)