Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Papua Barat Daya Kucurkan Anggaran Rp112 Miliar

Jum'at, 24 November 2023 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Rangkaian kegiatan secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri(Mendagri) Tito Karnavian serta Pj Gubernur dari tiga provinsi. Pemanfaatan dana Otsus di Papua Barat Daya juga diwujudkan melalui program PAITUA.

Yakni program perlindungan jaminan hari tua bagi masyarakat Papua Barat Daya yang berusia lanjut 65 tahun ke atas. “Program PAITUA adalah inisiatif kami dari kepedulian atas situasi kehidupan para lanjut usia yang jumlahnya cukup signifikan, yakni 24.759 lansia,” ujarnya.

Total anggaran yang disiapkan dari dana otsus untuk PAITUA sebesar Rp40 miliar. Bantuan PAITUA telah diserahkan kepada masyarakat oleh Mendagri dan Pj. Gubernur pada Peringatan Hari Otsus. Diharapkan membantu meningkatkan derajat kesehatan serta daya beli masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Papua Barat Daya Rahman menyampaikan, berbicara tentang Otsus Papua menekankan pada tiga hal, yakni bagaimana membuat masyarakat Papua cerdas, sehat, dan produktif.

“Kami ingin menjadikan orang asli Papua itu cerdas, badannya sehat dan kantongnya tebal. Kata kuncinya yang terpenting adalah perlu mendata orang asli Papua sampai dengan di kampung-kampung.

Kegiatan ataupun program yang dilakukan pemerintah bisa tepat sasaran,” tuturnya.

Mewujudkan hal tersebut tentu perlu langkah nyata dengan membuat program terukur dan tepat sasaran. Sebagai contoh, membuat program strategis untuk memajukan, meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat.

Guna mendukung hal tersebut, Bapperida bekerja sama dengan berbagai pihak melakukan program peningkatan kapasitas perencana daerah untuk percepatan Otsus, salah satunya melalui program USAID Kolaborasi.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4943 seconds (0.1#10.140)