Kisah Kehancuran Kerajaan Singasari saat Kertanagara Berkuasa Akibat Konflik Pejabat Istana

Senin, 20 November 2023 - 06:56 WIB
loading...
Kisah Kehancuran Kerajaan Singasari saat Kertanagara Berkuasa Akibat Konflik Pejabat Istana
RAJA Singasari, Kertanagara membuat kesalahan dan kecerobohan dalam memimpin hingga akhirnya terjadi konflik internal antar pejabat istana berujung kehancuran. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
RAJASingasari, Kertanagara membuat kesalahan dan kecerobohan dalam memimpin wilayahnya. Saat itu Kertanagara lebih memprioritaskan pasukannya untuk dikirimkan ke luar negeri, tanpa memperhatikan kondisi keamanan di dalam negeri Kerajaan Singasari.

Keinginan mewujudkan Ekspedisi Pamalayu, atau penaklukan Semenanjung Melayu membuat Kertanagara rela mengirimkan nyaris seluruh pasukannya ke luar negeri.



Perluasan wilayah itu merupakan usaha Kertanagara untuk menyatukan nusantara. Kebetulan saat itu keadaan negeri Singasari sejak Raja Wisnuwardhana sudah tentram sehingga memunculkan mengarahkan politik ke luar Jawa.

Potensi gangguan keamanan sebagaimana yang disampaikan oleh patihnya Mpu Raganata tak ia hiraukan. Ego Kertanagara memang membuat hubungannya dengan Patih Mpu Raganata merenggang.



Pendapat ini berbeda dengan Mahisa Anengah pejabat Kerajaan Singasari lainnya. Mahisa Anengah dalam buku "Menuju Puncak Kemegahan: Sejarah Kerajaan Majapahit" tulisan Prof. Slamet Muljana menyebut, justru melihat tak ada ancaman dari dalam negeri Singasari.

Pasalnya Raja Jayakatwang yang berkuasa di Kediri diangkat oleh Kertanagara. Padahal sebelumnya Jayakatwang merupakan pengalasan di pura Singasari. Maka Jayakatwang semestinya berutang budi kepada Kertanagara.



Demikianlah Nagarakretagama, mencatatkan pemberontakan Mahisa Rangkah pada tahun Saka 1202 atau tahun Masehi 1280. Lima tahun kemudian dari keberangkatan tentara Singasari ke Melayu.

Pemberontakan yang demikian dapat dipahami jika diingat kerusuhan yang timbul akibat pemecatan Patih Raganata, pada awal pemerintahan Kertanagara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)