Sejarah dan Asal-usul Nama Sumedang, Diambil dari Kerajaan di Jawa Barat

Kamis, 16 November 2023 - 12:05 WIB
loading...
A A A
Kemudian pada tahun 1585, telah terjadi peristiwa Harisbaya yang dipimpin oleh Prabu Geusan Ulun, putra Ratu Pucuk Umun. Prabu Geusan Ulun berhasil membebaskan Sumedang Larang dari kekuasaan Cirebon, dan menjadikannya sebagai negara berdaulat.



Prabu Geusan Ulun adalah raja terakhir Kerajaan Sumedang Larang, yang memerintah dari tahun 1579 hingga 1601. Ia dikenal sebagai raja yang berani dan cakap, yang berhasil mempertahankan kemerdekaan Sumedang Larang dari serangan Kesultanan Mataram dan Belanda.

Setelah Prabu Geusan Ulun wafat, ia digantikan oleh putranya, Prabu Suriadiwangsa, yang memerintah dari tahun 1601 hingga 1620. Prabu Suriadiwangsa adalah raja yang lemah dan tidak disukai rakyatnya.

Ia akhirnya menyerahkan Sumedang Larang kepada Kesultanan Mataram, setelah kalah dalam perang melawan Sultan Agung. Sejak tahun 1620, Sumedang Larang menjadi bawahan Kesultanan Mataram, dan kemudian beralih ke VOC, Hindia Belanda, Republik Indonesia Serikat, dan Republik Indonesia.

Meskipun demikian, rakyat Sumedang Larang tetap mempertahankan identitas dan budayanya, serta berjuang melawan penjajah. Salah satu tokoh pejuang dari Sumedang Larang adalah Pangeran Kornel, yang dikenal sebagai pahlawan Cadas Pangeran.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)