Pemkot Solo Siapkan Kantin Sehat RSUD Semanggi

Rabu, 11 Oktober 2017 - 05:05 WIB
Pemkot Solo Siapkan Kantin Sehat RSUD Semanggi
Pemkot Solo Siapkan Kantin Sehat RSUD Semanggi
A A A
SOLO - Pemkot Solo berencana membuat kantin sehat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Semanggi yang dalam waktu dekat segera dibangun. Makanan dan minuman yang disediakan harus sesuai standar kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, kantin akan ditata dengan konsep foodcourt yang nyaman, bersih, dan memenuhi unsur kesehatan. Semua kantin yang ada di lingkungan RSUD Semanggi harus berkomitmen mengedepankan sisi kesehatan.

“Mumpung rumah sakitnya belum dibangun, sekalian kami rancang membuat kantin sehat,” kata Siti Wahyuningsih di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/10/2017) kemarin.

Jangan sampai masyarakat yang menunggu atau menjenguk pasien gantian sakit gara-gara makan di kantin. Pihaknya akan menata dan mengawasi rutin menu yang disajikan. Hal itu sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap masyarakat terkait kesehatan di kawasan rumah sakit. Tenaga ahli juga akan disiapkan sebagai pelayan di kantin.

“Kami mempersilakan masyarakat di sekitar rumah sakit untuk berjualan di kantin,” ungkapnya.

Namun terlebih dahulu akan dididik mengenai pelayanan yang baik, ramah, dan menjaga higienitas sajian maupun tempatnya. Selain itu juga akan diajari cara menyajikan makanan kepada pembeli dengan baik.

Pembangunan RSUD Semanggi kini telah memasuki masa lelang. Anggaran proyek senilai Rp200 miliar berasal dari APBD Kota Solo, dan ditargetkan beroperasi tahun 2019 mendatang. Pemkot Solo akan mengajukan permintaan peralatan kesehatan kepada Kementerian Kesehatan.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan, keberadaan rumah sakit milik pemerintah di wilayahnya sejauh ini masih terkonsentrasi di Solo bagian utara. Sedangkan di Solo bagian selatan justru masih minim.

“Kalau bisa nanti setiap kecamatan ada satu RSUD,” kata Rudy. Dengan demikian, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat lebih dimaksimalkan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8291 seconds (0.1#10.140)