Pengajian di Yogyakarta, Mahfud MD: Indonesia Tak Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel

Minggu, 05 November 2023 - 06:41 WIB
loading...
A A A
Mahfud menandaskan sikap Indonesia terhadap Israel sudah dinyatakan sejak awal oleh Presiden RI pertama Soekarno. Sikap itu kemudian ditegaskan lagi pada Konferensi Asia Afrika bahwa Indonesia tidak akan berhubungan dengan Israel sampai Palestina merdeka.

"Indonesia akan konsisten dengan sikap itu yaitu sebelum Palestina merdeka dan memiliki hak-hak yang sama dengan warga dunia yang lain maka Indonesia tidak akan punya hubungan diplomatik dengan Israel," kata Mahfud MD.

Mahfud menyatakan negara ini didirikan untuk membangun kedamaian dan keamanan. Kalau dari sudut syar'i fungsi dan tujuan didirikan negara itu tercantum dalam 5 hal. yang disebut maksud syariah tentang berdirinya negara dan dibentuknya pemerintah itu ada lima.

Negara didirikan untuk menjaga kebebasan beragama apapun setiap warga negara harus diberi perlindungan yang sama dengan pemeluk agama lain. Di mana setiap warga negara bebas untuk melakukan ibadah.

"Kemudian menjaga keselamatan jiwa setiap warga negara dan menjaga hak milik harta yang dimiliki setiap warga negara," tambahnya.

Negara didirikan untuk menjaga rasionalitas akal sehat demi ketertiban dan keamanan, maka ketika akal seseorang sudah kalap, tidak sehat akalnya baik karena mabuk-mabukan, minum minuman keras, narkoba dan sebagainya maka mengganggu keamanan menimbulkan kriminalitas.

"Negara didirikan untuk menjaga kemurnian keturunan mama ada ada UU perkawinan," tegasnya.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)