Warga Bakauheni yang Kekeringan Dapat Pasokan Air Bersih dari Pemerintah

Selasa, 19 September 2017 - 16:24 WIB
Warga Bakauheni yang Kekeringan Dapat Pasokan Air Bersih dari Pemerintah
Warga Bakauheni yang Kekeringan Dapat Pasokan Air Bersih dari Pemerintah
A A A
BAKAUHENI - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akhirnya membantu dua mobil tangki masing-masing berisikan 5 ribu liter air bersih bagi warga di Dusun Kayu Tabu dan Pematang Macan, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni, Selasa (19/9/2017). Sebelumnya warga di Dusun Kayu Tabu dan Pematang Macan, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni kekurangan pasokan air bersih akibat kekeringan yang melanda wilayah mereka.

Krisis air bersih yang rasakan warga di Dusun Kayu Tabu dan Pematang Macan ini sudah terjadi sejak dua bulan terakhir.

Ratusan warga yang mengetahui bantuan air bersih yang tiba langsung menyerbu truk tangki air bersih yang baru tiba.

Diketahui permasalahan kekeringan tersebut sudah terjadi sekitar 30 tahun sampai sekarang. Namun saat ini kondisinya semakin parah pasalnya dengan kondisi tanah yang berbatu sulit untuk warga membuat sumur.

Selama ini warga hanya mengandalkan sumur tadah hujan dan juga aliran sungai kecil yang ada di dusun tersebut.

Namun jika musim kemarau debit airnya juga mengering setiap tahun saat kemarau dapat dipastikan daerah ini kekurangan air bersih. Jika tidak membeli warga harus mengambil ke sumber air bersih hingga ke wilayah Dusun Blebuk yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Direktur PDAM Lampung Selatan Taufik mengatakan, meski dirasa belum mencukupi kebutuhan air bersih, ratusan warga di Dusun Pematang Macan dan Kayu Tabu ini cukup terbantu.

“Pemerintah daerah akan tetap menyuplai setiap warga di seputaran Lampung Selatan yang ke kurangan air bersih,” kata Taufik.

Sementara warga Dusun Kayu Tabu dan Pematang Macan, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni mengharapkan adanya bantuan pembuatan sumur bor untuk mengatasi permasalahan kekurangan air bersih yang setiap tahun disaat kemarau selalu dialami warga.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9709 seconds (0.1#10.140)