Diduga Kehabisan Makanan, Macan Kumbang Gunung Sanggabuana Mangsa 6 Ternak Warga

Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:32 WIB
loading...
Diduga Kehabisan Makanan, Macan Kumbang Gunung Sanggabuana Mangsa 6 Ternak Warga
Seekor macan kumbang di pegunungan Sanggabuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Foto/Ist
A A A
KARAWANG - Seekor macan kumbang di pegunungan Sanggabuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang dikabarkan memangsa hewan ternak milik warga. Hal tersebut diduga lantaran kehabisan makanan di habitat aslinya.

Informasi diperoleh, saat macan tersebut memangsa hewan ternaknya warga sebetulnya telah mengetahui. Namun tak berani keluar lantaran takut diserang hewan buas tersebut.

Plt Direktur Eksekutif Sanggabuana Conservation Foundation (SCF), Deby Sugiri mengatakan satu kandang ternak domba milik seorang warga di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru didatangi macam kumbang.

Ia menjelaskan macan kumbang biasanya datang ke pemukiman warga saat malam hari dan langsung masuk ke dalam kandang domba.



"Satu ekor domba mati dan 5 ekor lainnya luka karena dimangsa macan kumbang," kata Deby, Selasa (24/10/23).

Menurut Deby, saat macan kumbang datang ke kandang domba diketahui pemiliknya karena suara berisik auman macan kumbang.

Kemudian warga tersebut keluar rumah dan melihat macan kumbang tersebut sedang memakan ternaknya. Namun karena takut dimangsa pemilik domba langsung masuk kedalam rumah.

"Dia sempat keluar rumah dan melihat macan kumbang didalam kandang. Namun karena takut dia masuk lagi kedalam rumah, kemudian besoknya baru ke kandang," katanya.

Derby mengatakan kasus macan kumbang turun ke pemukiman peduduk sudah beberapa kali terjadi. Namun kejadian kali ini cukup besar karena memangsa 6 ekor domba.

Kasus sebelumnya hanya 1 ekor domba milik warga yang sempat dimangsa kemudian macan kumbang kabur kembali ke hutan. "Kasus ini yang paling banyak dengan jumlah ternak sebanyak 6 ekor," jelasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)