Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4,3, Getaran Terasa hingga Cikajang

Selasa, 24 Oktober 2023 - 06:31 WIB
loading...
Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4,3, Getaran Terasa hingga Cikajang
Pangandaran diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,3 pada pukul 05:47:56 WIB, Selasa (24/10/2023). Foto/Dok.Sindonews
A A A
PANGANDARAN - Pangandaran diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,3 pada pukul 05:47:56 WIB, Selasa (24/10/2023).Episenter terletak pada koordinat 8.19 LS dan 107.9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jabar pada kedalaman 26 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cisurupan, Bayongbong, Cikajang, Pamengpeuk, Pamarican, Indihiang dengan Skala Intensitas III MMI. (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Pangandaran getaran dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).



Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 06:02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, " kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hartanto.

Berdasarkan keterangan dari anak korban bahwa semalam anaknya mendatangi kios milik korban. Dan korban bercerita bahwa sedang mengalami sakit asam lambung, darah tinggi, batuk dan pusing.

Jenazah oleh pihak keluarga dibawa ke RS Wirosaban Kota Yogyakarta untuk selanjutnya dibawa rumah duka menggunakan ambulans. Atas kejadian tersebut pihak keluarga sudah menerima dan tidak akan melakukan penuntutan kepada pihak manapun.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)