Bisnis Rumah Dinas Bikin Hubungan Bupati Blitar Mak Rini dan Wabup Makde Rahmat Menghangat

Kamis, 19 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
Bisnis Rumah Dinas Bikin Hubungan Bupati Blitar Mak Rini dan Wabup Makde Rahmat Menghangat
Bupati Blitar, Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso. Foto/Ist.
A A A
BLITAR - Hubungan Bupati Blitar, Rini Syarifah dengan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso kembali menghangat. Pemicunya persoalan bisnis rumah pribadi milik bupati yang akrab disapa Mak Rini, dijadikan rumah dinas Wakil Bupati Blitar dengan sistem sewa yang dibiayai APBD Kabupaten Blitar.



Diduga Mak Rini melakukan kebohongan soal sudah adanya kesepakatan dalam menyewa rumah dinas Wakil Bupati Blitar. Mak Rini mengatakan, sewa rumah dinas yang memakai rumah pribadinya sudah atas kesepakatan dirinya dengan Wakil Bupati Blitar yang akrab disapa Makde Rahmat.



Makde Rahmat menegaskan, kesepakatan seperti yang diungkapkan Mak Rini tidak pernah ada. Sebagai orang hukum, ia juga mengatakan tidak ada kesepakatan seperti itu. "Tidak ada kesepakatan itu, kesepakatan model apa itu. Rumah dinasnya siapa yang ditukar," ujarnya, Kamis (19/10/2023).



Di tengah merebaknya isu oligarki dan TP2ID (Tim Percepatan dan Pembangunan Inovasi daerah) di pemerintahan Bupati Mak Rini, sewa rumah dinas Wakil Bupati Blitar menjadi polemik, yakni menjadi sorotan legislatif.

Mak Rini dinilai telah berbisnis dengan pemerintahan yang dipimpinnya. Pasalnya, rumah pribadi milik Mak Rini dijadikan rumah dinas wakil bupati dengan sistem sewa, yang dibiaya APBD Kabupaten Blitar, sebesar Rp490 juta.

Untuk sewa rumah pribadi bupati, dan dijadikan rumah dinas wakil bupati, Pemkab Blitar merogoh anggaran Rp294 juta per tahun, yang berlangsung pada tahun 2021, dan 2022. Pada tahun 2021 sewa rumah dinas wakil bupati hanya berjalan delapan bulan. Alokasi dana yang terserap hanya Rp 196 juta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)