50 Relawan dari 10 Negara Berkumpul di Bandung, Ada Apa?

Kamis, 03 Agustus 2017 - 14:53 WIB
50 Relawan dari 10 Negara Berkumpul di Bandung, Ada Apa?
50 Relawan dari 10 Negara Berkumpul di Bandung, Ada Apa?
A A A
BANDUNG - Sekitar 50 relawan muda dari 10 negara Asia Tenggara berkumpul di Bandung, Jawa Barat. Mereka akan mengikuti program ASEAN Youth Volunteer Program (AYVP) 2017.

AYVP 2017 yang didukung USAID itu, akan digelar selama empat minggu ke depan. Mereka akan mengikuti serangkaian acara yang dipusatkan di Kampus ITB, Kota Bandung. Tahun ini, mereka akan membahas Pengurangan Risiko Bencana Dengan Membangun Ketahanan Masyarakat.

“Program AYVP bertujuan agar para relawan muda yang ikut serta dalam program ini, dapat memberikan solusi yang inovatif terhadap tantangan regional yang dihadapi negara-negara ASEAN. Salah satunya dalam pengurangan risiko bencana,” kata Youth and Sports Division dari Sekretariat ASEAN Nils Bergeson dalam siaran persnya Kamis (3/8/2017).

Selama empat minggu, para peserta akan mengikuti berbagai macam kegiatan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang pengurangan risiko bencana. Mereka juga akan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk ikut terlibat langsung dalam berbagai kegiatan pengurangan risiko bencana yang melibatkan masyarakat setempat.

“AYVP adalah manifestasi dari komitmen UKM untuk mendukung agenda integrasi ASEAN melalui platform yang dapat menjangkau para pemimpin muda. Ini sangat berarti ketika kami berhasil mengumpulkan 50 relawan muda yang berjiwa pemimpin di saat ASEAN merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun ini,” kata Wakil Rektor Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Imran Ho Abdullah.

Setelah program di Bandung selesai, para peserta akan terus mendapatkan dukungan dari pelaksana program AYVP untuk menerapkan apa yang mereka pelajari selama empat minggu ini di negara mereka masing-masing.

AYVP sendiri, merupakan salah satu inisiatif AS dalam mendukung ASEAN dan 10 negara anggotanya. AS bermitra dengan ASEAN untuk mendukung integrasi ekonomi, memperluas kerja sama maritim, menumbuhkan pemimpin baru, mempromosikan kesempatan bagi perempuan, dan mengatasi tantangan lintas negara.

Melalui kerja sama USAID dengan ASEAN, AS berupaya mengatasi akar penyebab kemiskinan dan ketidakstabilan serta membantu meletakkan dasar bagi kemakmuran dan keamanan. AS dan ASEAN merayakan 40 tahun kemitraannya pada tahun 2017, menandai kerja sama yang semakin mendalam di bawah kemitraan strategis ASEAN-AS.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)