Ganjar Bertemu Pengusaha dan Buruh Rokok di Malang, Sebut Pentingnya Jaga Iklim Industri

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 18:33 WIB
loading...
Ganjar Bertemu Pengusaha dan Buruh Rokok di Malang, Sebut Pentingnya Jaga Iklim Industri
Bacapres Ganjar Pranowo bertemu dengan buruh perusahaan rokok di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2023). Foto/Ist
A A A
MALANG - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bertemu dengan para pengusaha rokok dan buruh di Kota Malang, Jawa Timur. Ganjar juga menyempatkan berbincang-bincang dengan pelaku usaha dan buruh di perusahaan rokok Grendel, Kota Malang.

Bacapres Partai Perindo Ganjar menyatakan, komitmennya mengambil kebijakan yang memberi kesempatan kerja kepada para buruh rokok. Sebab diakui gempuran rokok impor ke Indonesia, juga mempengaruhi industri rokok di Indonesia, termasuk para buruh.



Ganjar sempat bertemu dengan buruh yang telah bekerja selama 20-30 tahun di Perusahaan Rokok (PR) Grendel.

"Kita akan menjaga iklim hubungan industrial ini dengan baik, agar kesempatan kerja ini betul-betul bisa didapat. Kita mencari jalan keluar yang terbaik bagaimana industri rokok ini bisa bertahan," ucap Ganjar yang dikenal sebagai sosok pemimpin muda, energetik, merakyat, berprestasi, berpengalaman dan family man itu usai meninjau pabrik rokok di Jalan Terusan Batu Bara, Blimbing, Kota Malang, Jumat (13/10/2023) sore.



Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengungkapkan perlunya suatu regulasi yang berpihak kepada para pelaku industri rokok, termasuk di dalamnya para petani tembakau dan buruh yang menggantungkan hidupnya dari rokok.

"Tentu saja dengan regulasi yang memang sekarang tidak mudah, karena persaingan globalnya terjadi seperti itu, dan tentu banyak kepentingan yang masuk. Tapi intinya diberikan kepada saya informasi tentang yuk kita atur yuk impor tembakaunya," ungkap dia.



Ia juga masih mempelajari skema rokok impor, apakah itu juga membayar cukai lebih ke negara, atau disamakan dengan rokok-rokok produksi dalam negeri. Sebab gempuran rokok impor, dan bahan bakunya tembakau dinilai memang bisa membuat mematikan para petani tembakau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)