Pantai Indah Gunungkidul Tercemar Minyak, Ancam Biota Laut dan Wisata

Minggu, 08 Oktober 2023 - 17:25 WIB
loading...
A A A
Marjono mengaku belum mengetahui secara pasti sumber limbah minyak yang mencemari pesisir selatan Gunungkidul tersebut. Dia menduga, benda asing itu berasal dari tengah laut kemudian terbawa arus ke tepian pantai. "Asalnya belum diketahui. Dugaannya dari tengah langsung, lalu menepi," tuturnya.

Dugaan pencemaran limbah di laut tersebut semakin kuat, karena cukup banyak biota laut yang ditemukan mati di tepi pantai. Seperti ikan kecil-kecil, serta kepiting laut yang ukurannya kecil.

Dia juga mengaku, saat ini masih berupaya mengumpulkan gumpalan-gumpalan tersebut. Adanya dugaan pencemaran di pantai, kata Marjono, tidak sampai menganggu aktivitas pengunjug. Pengunjung masih diperbolehkan bermain di area pantai tersebut.



"Pengunjung masih bisa bermain di pantai. Namun, kami imbau untuk menjauhi area yang tercemar. Karena hari ini, rencana akan kami bersihkan dan kumpulkan untuk dikuburkan," terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim lapangan untuk mengecek lokasi dan mengambil contoh air.

"Kami baru dapat informasi siang tadi dari teman SAR. Pastinya akan kami lakukan pencermataan, untuk melihat apakah ekosistem dan biota laut ikut terganggu atau tidak," ujar Harry, Minggu (8/10/2023).
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)